Apakah posisi duduk bisa menyebabkan nyeri pada punggung?

KE Info Penanya: KE, Pria, 24 Tahun
Selamat pagi Dok, maaf bertanya.Tulang punggung dibelakang pusar tiba" sakit saat dipegang setelah bangun pagi, terasa kaku dan sakit saat bungkuk dan sebaliknya, bagaimana penjelasan tentang keluhan tsb? Aktifitas yg saya lakukan seminggu berturut" sebelumnya saya tidur pagi sampai sore dan bermain game semalaman dalam posisi duduk, Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, KE

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri punggung bawah atau sering disebut juga dengan work related musculoskeletal disorder merupakan suatu sindrom nyeri pada area punggung yang disebabkan karena suatu akibat dari pekerjaan atau aktivitas. Menurut penelitian, nyeri punggung ini lebih sering terjadi pada pria dibandingkan dengan pada wanita.

Kebanyakan orang mengeluhan nyeri pada punggung ini akibat dari salah posisi pada saat beraktivitas, seperti posisi duduk yang tidak sesuai. Sehingga menyebabkan ketegangan yang berlebih pada otot-otot sekitar. Jika, hal ini berlangsung lama dan berulang-ulang maka bisa menyebabkan perubahan pada struktur tulang belakang.

Terkait dengan keluhan Anda, jika beberapa saat sebeumnya Anda bermain game semalam dengan posisi duduk kemungkinan nyeri yang Anda rasakan karena salah posisi duduk.

Untuk itu adapun tindakan yang saat ini bisa Anda lakukan adalah:

  • Lakukan stretching atau peregangan otot
  • Lakukan kompres hangat pada area yang dirasa nyeri
  • Benahi posisi duduk Anda ketika sedang duduk, usahkan duduk tegak dan bersandar
  • Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang
  • Konsumsi buah-buahan dan olahan susu (jika tidak alergi)
  • Lakukan olahraga rutin agar badan tetap bugar

Jika keluhan dirasa tidak membaik, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis ortopedi terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Selain pijat, mengonsumsi obat sakit pinggang juga dapat mengurangi rasa nyeri

6 Jenis Obat Sakit Pinggang yang Efektif untuk Atasi Nyeri

Ada banyak jenis obat sakit pinggang yang aman digunakan, mulai dari paracetamol, ibuprofen, hingga obat opioid dan antidepresan. Perlu diingat, tidak semua orang cocok mengonsumsi jenis obat yang sama.