Riwayat bersin pagi hari dan pilek yang menjadi kental dan sakit tenggorokan

SU Info Penanya: SU, Wanita, 24 Tahun
Maaf dok mw tanya. Sebulan yg lalu saya cek kesehatan ke dokter THT dgn keluhan bersin-bersin yg terus menerus saat subuh hingga pagi hari. Dan disarankan untuk cuci hidung jg diberi resep obat. Sebulan kemudian, bersin-bersin saya sudah berkurang dok, tapi pilek yg semula encer mnjdi kental dan sulit untuk bernapas jg tenggorokan saya menjadi kering dan sakit dok. Apakah itu reaksi dari cuci hidung tadi dok? Mohon dijawab dok, terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, LC.

Bersin-bersin di pagi hari dan pilek yang encer dapat terjadi karena berbagai faktor yang berhubugan dengan alergi dan infeksi pada saluran napas atas. Mulai dari yang ringan hingga yang lebih serius.

Beberapa kondisi medis yang dapat menimbulkan gejala tersebut ialah :

Mengenai keluhan Anda yang sebelumnya mengalami bersin-bersin di pagi hari dan pilek yang encer mungkin disebabkan oleh salah satu kondisi medis diatas atau faktor alergi. Salah satu kondisi medis yang paling umum terjadi dan menimbulkan gejala seperti yang Anda alami adalah rhinitis alergi. Namun demikian, perlu Anda konfirmasi kembali kepada dokter THT yang menangani Anda.

Sedangkan keadaan pilek yang lendirnya menjadi kental dan adanya tenggorokan yang kering dan nyeri umumnya bukan disebabkan oleh penggunaan pencuci hidung yang diresepkan oleh dokter THT Anda. Bisa jadi terjadi karena infeksi sekunder, yang berbeda dengan kondisi medis awal pada Anda. 

Untuk sementara Anda dapat mencoba menghirup uap hangat atau mengompres hangat bagian atas hidung untuk membantu mengencerkan lendirnya. Anda juga dapat mengonsumsi air rebusan jahe hangat yang diberi perasan lemon dan sedikit madu untuk mengurangi potensi infeksi.

Jika keluhan berlanjut ada baiknya untuk kembali memeriksakan diri pada dokter THT anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab biduran kambuh antara lain udara dingin, infeksi, dan alergi makanan

Ini Penyebab Biduran Sering Kambuh dan Cara Menyembuhkannya

Penyebab biduran sering kambuh ada beragam, mulai dari gigitan serangga, infeksi, udara dingin atau panas, hingga sinar matahari. Meski bisa sembuh sendiri, ada beberapa cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan.