Nyeri menelan, batuk pilek, apakah COVID-19?

ST Info Penanya: ST, Wanita, 1 Tahun
Malam dokDari kemaren saya ada keluhan stela berbuka puasa di minum es,malamnya saya merasakan tenggorokan rasanya sakit buat menelan & muncul tanda2 mau batuk pilekApakah ini termasuk saya teridentifikasi ke convid-19,batuk saya berlendir n suara saya jadi gerik,bgmn mengatasi keadaan saya ini,mohon bantuanx.terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, ST.

COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh Coronavirus jenis baru. Penyakit ini dimulai dari negara Cina, dan saat ini sudah menginfeksi banyak negara di dunia, sehingga WHO menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. Di Indonesia sendiri, sampai tanggal 29 April ini, sudah ribuan jiwa yang terkena dan ratusan yang meninggal dunia.

Umumnya, seseorang yang terkena COVID-19 akan mengalami gejala pernapasan seperti batuk kering, sesak napas, dan disertai dengan demam. Pada beberapa kasus, ditemukan juga gejala pilek dan nyeri menelan. Tetapi, manifestasi gejala ini berbeda-beda pada setiap orang, tergantung kekebalan tubuh masing-masing. Semakin rendah kekebalan tubuh seseorang, semakin berat gejala yang akan timbul.

Terkait pertanyaan Anda, nyeri menelan dan batuk pilek memang bisa saja disebabkan oleh COVID-19. Tetapi, gejala ini juga bisa disebabkan oleh penyakit lainnya seperti faringitis, alergi, ataupun peradangan yang ditimbulkan karena mengonsumsi makanan tertentu seperti es.

Oleh karena itu, untuk sementara kurangi makanan pedas, berminyak, dan minuman dingin ya. Minum air putih yang cukup, dan berisitrahat yang teratur. Lalu, untuk sementara, sebaiknya jangan keluar rumah jika tidak diperlukan. Jika terpaksa, gunakan masker dan tetap lakukan physical distancing ya. Apabila keluhan memberat, Anda bisa menghubungi 119 ext 9 untuk mengetahui apakah perlu memeriksakan ke rumah sakit rujukan atau tidak.

 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Avigan favipiravir dikabarkan efektif menangani infeksi corona

Avigan Favipiravir, Obat yang Dianggap Efektif Menangani Corona

Avigan memiliki zat aktif bernama Favipiravir yang dilaporkan Cina dapat bekerja efektif mengatasi infeksi corona. Obat ini disebut dapat membantu menyembuhkan pasien