Sakit telinga sudah dua hari, apa penyebabnya?

AK Info Penanya: AK, Wanita, 2019 Tahun
Selamat pagi dok, telinga saya yang sebelah kiri sudah dua hari ini Teresa sakit, kira-kira apa penyebabnya ya dok? Dan apa obatnya? Sebelumnya saya tidak pernah bermasalah sama telinga. Terima kasih..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore A,

Nyeri telinga atau istilah medisnya otalgia dapat timbul pada beragam usia, penyebabnya sendiri beragam seperti diantaranya:

  • Cedera atau benturan pada area telinga
  • Infeksi pada telinga
  • Barotrauma atau trauma akibat perubahan tekanan udara baik akibat menyelam ataupun naik pesawat udara
  • Kebiasaan mengorek telinga
  • Kotoran telinga yang menumpuk dan mengeras
  • Kebiasaan menggunakan headset, earphone atau alat bantu dengar lain
  • Adanya benda asing yang masuk telinga
  • Penyakit lainnya seperti komplikasi dari sinusitis, tinnitus, ataupun penyakit meniere

Untuk sementara hindari penggunaan headset, earphone atau alat bantu dengar lain terlalu lama, hindari mengorek telinga, hindari menggunakan sembarangan tetes telinga, perhatikan gejala lain yang timbul seperti adanya cairan yang keluar dari telinga, apakah didahului oleh batuk dan pilek, ada tidaknya demam, penurunan gangguan pendengaran dan gejala lain, Anda juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol untuk meredakan nyeri sementara. Jika keluhan tetap menetap ataupun bertambah berat, segera periksakan diri pada dokter atau dokter ahli THT agar diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat,

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan alat bantu dengar berfungsi sebagai penguat suara agar suara dapat didengar dengan jelas oleh penderita gangguan pendengaran

Apa Saja Pilihan Pengobatan Alternatif untuk Telinga Tuli?

Untuk mengatasi gangguan pendengaran, pengobatan alternatif untuk telinga tuli adalah dengan membersihkan kotoran telinga, bedah, alat bantu dengar, dan implan koklea.