Sakit telinga sebelah kiri dan keluar cairan

ER Info Penanya: ER, Wanita, 1 Tahun
Halo dok, saya mau bertanya kenapa telinga sebelah kiri saya sakit dan seperti ada yang mengganjal namun kadang mengeluarkan cairan berupa darah dan terkadang bau yang keluar sangat menyengat? Terimakasi dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang ER, 

Keluar cairan dan nyeri di telinga adalah gejala yang timbul karena masalah di saluran telinga, penyebabnya bisa salah satunya adalah infeksi. Infeksi pada saluran telinga sendiri bisa terjadi secara akut yaitu terjadi saat ini ataupun infeksi jangka panjang atau kronik.

Radang telinga tengah atau otitis media

Infeksi telinga apabila lebih dari dua bulan maka bisa disebut infeksi kronik. Apabila disertai adanya cairan dapat merupakan radang telinga tengah kronik atau otitis media supuratif kronik (OMSK). OMSK dapat juga mengganggu kemampuan pendengaran sehingga perlu ditangani.

Apabila nantinya tidak bisa diatasi dengan pemberian obat maka perlu dilakukan tindakan seperti penyatan kecil di gendang telinga untuk mengeluarkan nanah atau cairan yang menumpuk ataupun memasangkan pipa kecil yang disebut grommet untuk mengeringkan cairan yang ada dimana nantinya grommet akan lepas sendiri setelah 6 bulan sampai 1 tahun.

Untuk itu apabila sering mengeluarkan cairan yang dapat dilakukan adalah:

  • Hindari mengorek telinga menggunakan cottonbud
  • Bersihkan cairan yang keluar dari telinga saja
  • Konsumsi pereda nyeri seperti parasetamol
  • Kompres bagian telinga ataupun leher dan pipi yang merasa nyeri dengan kompres dingin atau hangat
  • Periksakan diri pada dokter spesialis THT terutama jika keluhan berlangsung lebih dari 2 bulan dan adanya gangguan pendengaran

Nantinya perlu juga mencegah agar tidak terjadi infeksi kembali dengan rutin mencuci tangan, tidak mengorek telinga, hindari kebiasaan merokok ataupun paparan alergen yang bisa memicu infeksi saluran pernapasan yang menjadi salah satu penyebab infeksi telinga. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gendang telinga pecah merupakan penyakit telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak

Penyebab Gendang Telinga Pecah pada Anak Ini Perlu Diwaspadai Orangtua

Gendang telinga pecah merupakan masalah telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak. Gendang telinga pecah pada anak mengakibatkan berbagai gejala menyakitkan. Hal ini dapat dipicu oleh cara membersihkan telinga anak yang tidak tepat.