Sakit telinga seperti kemasukan air dan nyeri

SV Info Penanya: SV
Assalamualaikum dok Hallo dokSaya mau tanya kadang telinga kanan dan kiri saya ada bunyi seperti kemasukan air krukk krukk gt dok dan kadang telinga kanan / kiri sering nyeri dalemnya hingga kepala. Solusinya bagaiamana ya dok penyakit apa yg saya alami
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SV,

Sakit telinga adalah keluhan yang disebut dengan otalgia, dimana bisa disertai dengan adanya keluhan lain seperti telinga terasa penuh, seperti ada cairan, penurunan kemampuan mendengar, rasa gatal, sakit kepala, dan juga keluhan lainnya.

Penyebab sakit telinga sendiri bisa beragam seperti:

  • Infeksi telinga tengah atau disebut dengan otitis media, bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, flu ataupun karena alergi yang menimbulkan sumbatan di telinga dan menjadi infeksi
  • Terjadi trauma telinga seperti tertekan, terpukul atau akibat perubahan tekanan udara
  • Penumpukan kotoran di saluran telinga, bisa karena kebiasaan merorek telinga dengan cotton bud
  • Kondisi lain seperti sakit gigi, sakit tenggorokan, gangguan sendi rahang

Untuk meredakan sakit telinga bisa dilakukan beberapa cara seperti mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol, kompres telinga dengan air hangat, bersihkan bagian telinga luar, gunakan tetes telinga gliserol untuk membantu melunakkan dan mengeluarkan kotoran telinga, jika ada flu bisa gunakan obat flu. 

Jika tidak ada perbaikan perlu memeriksakan diri pada dokter ataupun dokter spesialis THT. Jika ada infeksi maka akan ditambahkan obat minum ataupun obat tetes telinga untuk mengatasi infeksinya ataupun jika perlu dilakukan tindakan seperti misalnya pembersihan saluran telinga. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gendang telinga pecah merupakan penyakit telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak

Penyebab Gendang Telinga Pecah pada Anak Ini Perlu Diwaspadai Orangtua

Gendang telinga pecah merupakan masalah telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak. Gendang telinga pecah pada anak mengakibatkan berbagai gejala menyakitkan. Hal ini dapat dipicu oleh cara membersihkan telinga anak yang tidak tepat.