20 May 2020, 21:34Penyakit Lainnya

Sakit telinga yang bertambah berat, harus bagaimana ?

BF
Info Penanya: BF, Wanita, 18 Tahun
Dok,begini saya mengeluh sakit telinga tapi sebelumnya di tekan telinga saya tidak sakit sekali. Saya sudah minum obat anjuran dokter/atau berobat. Memang sakit telinga saya sudah berkurang, tetapi pas saya tekan telinga saya kok malah sakitnya permanen dokter(malah bertambah sebelumnya ditekan tidak separah ini).
17522 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat siang, BF.Sakit telinga adalah keluhan nyeri pada daerah telinga yang dapat terjadi karena gangguan pada bagian telinga luar, telinga tengah hingga telinga dalam. Terdapat berbagai gangguan dan kelainan yang dapat terjadi pada telinga. Untuk mengobatinya perlu secara spesifik diketahui terlebih dahulu kelainan dan gangguan tersebut.

Berikut beberapa gangguan dan kelainan pada telinga yang dapat menimbulkan gejala nyeri, diantaranya adalah :

  • kotoran telinga yang menupuk
  • tekanan udara yang berubah
  • infeksi telinga luar (otitis eksterna)
  • infeksi telinga tengah (otitis media)
  • adapun faktor penyebab berupa penyakit lain, yakni :
Mengenai keadaan Anda, perlu diketahui terlebih dahulu riwayat berobatnya sudah berapa lama, dan sudah berapa lama obat dikonsumsi, mungkin masih membutuhkan waktu untuk obat bekerja mengobati keluhan nyeri Anda. Dapat pula terjadi fase tertentu pada kondisi otitis media seperti gangguan pada gendang telinga yang membuat nyeri dirasakan semakin berat. Pada keadaan tersebut, mungkin dibutuhkan terapi dan tindakan lebih lanjut untuk mengatasinya.Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek dengan dosis yang lebih tinggi, umumnya disebut dengan forte. Hindari mengorek telinga karena dapat memperparah keluhan nyeri.Jika keluhan nyeri tidak kunjung mereda, ada baiknya Anda memeriksakan diri kembali kepada dokter Spesilis THT untuk penanganan yang lebih intensif.
Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.
 
Salam sehat,
 
dr. Rahmita Dewi
infeksi telingaradang telingapenyakit telinga
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil