Telinga mengganjal, bagaimana solusinya?

AI Info Penanya: AI, Pria, 1 Tahun
Aku sakit telinga kaya ada yang ngeganjel gituh .. gimana solusinya ..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AN. 

Manusia dianugerahi sepasang telinga untuk mendengar bunyi. Fungsi pendengaran ini akan berjalan normal apabila tidak ada kelainan telinga baik bagian luar, tengah, atau dalam. Namun, jika ada gangguan seperti gatal, nyeri, perasaan mengganjal, terasa penuh, dan lain-lain, kemungkinan besar ada gangguan yang terjadi pada telinga.

Telinga terasa mengganjal seperti yang Anda alami bisa disebabkan oleh:

  • Otitis eksterna, yaitu peradangan pada liang telinga luar. Biasanya telinga juga akan terasa nyeri.
  • Serumen propria atau kotoran yang mengeras
  • Otomikosis, biasanya telinga akan terasa mengganjal sekaligus gatal. Hal ini disebabkan karena infeksi jamur di dalam liang telinga luar
  • Otitis media, biasanya akan ada perasaan mengganjal, pendengaran turun, serta seringkali disertai infeksi saluran pernapasan atas

Apabila Anda mengalami telinga mengganjal, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis THT untuk mengetahui penyebab pastinya. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap telinga Anda dengan menggunakan alat yang bernama otoskop. Setelah itu, dokter akan memberikan terapi yang sesuai, misalnya antibiotik tetes untuk otitis eksterna, atau cuci telinga untuk serumen propria.

Untuk sementara, hindari dulu mengorek telinga dengan apapun, karena bisa berpotensi terjadinya infeksi sekunder. Jaga telinga agar tidak kemasukan air. 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Presbikusis adalah penurunan kemampuan mendengar yang dialami lansia

Pendengaran Berkurang Seiring Bertambahnya Usia, Apa Penyebabnya?

Presbikusis adalah penurunan kemampuan mendengar yang dialami lansia. Semakin tua, risiko pendengaran berkurang akan semakin tinggi. Namun sebenarnya, usia bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi. Ada banyak hal yang bisa jadi faktor risiko kondisi ini.