Bagaimana cara mengatasi seringga hidup masuk dalam telinga?

TY Info Penanya: TY, Wanita, 30 Tahun
Serangga hidup masuk ke dalam telinga
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang TY,

Adanya benda asing atau corpus alienum yang masuk ke dalam telinga adalah salah satu masalah yang dapat menimbulkan rasa sakit, rasa tidak nyaman, telinga berdenging dimana perlu diperiksakan dan di tangani oleh tenaga kesehatan. Apabila merasa ada serangga hidup yang masuk ke dalam telinga dan terasa masih bergerak ataupun terasa di telinga maka perlu segera diperiksakan pada dokter ataupun dokter spesialis THT. 

Nantinya akan dipastikan apakah masih ada serangga di rongga telinga dengan menggunakan otoskop atau alat khusus untuk melihat keadaan rongga telinga. Apabila nantinya masih ada serangga tersebut maka akan dilakukan upaya untuk mengeluarkannya baik dalam kondisi hidup ataupun mati.

Hindari mengusahakan sendiri untuk mengeluarkan serangga tersebut misalnya dengan menggunakan korek telinga, menyiram dengan air, ataupun upaya lain agar serangga tersebut tidak menimbulkan iritasi ataupun masih ada bagian tubuh yang tersisa jika dipaksakan dikeluarkan yang bisa memicu iritasi, perlukaan, peradangan saluran telinga ataupun memicu infeksi di rongga telinga.

Segera periksakan agar bisa ditangani dan diberikan pengobatan lanjutan apabila serangga tersebut memicu iritasi ataupun apabila serangga sudah mati dan mengeluarkan toksin dari tubuhnya karena tubuhnya hancur. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gendang telinga pecah merupakan penyakit telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak

Penyebab Gendang Telinga Pecah pada Anak Ini Perlu Diwaspadai Orangtua

Gendang telinga pecah merupakan masalah telinga yang lebih banyak terjadi pada anak-anak. Gendang telinga pecah pada anak mengakibatkan berbagai gejala menyakitkan. Hal ini dapat dipicu oleh cara membersihkan telinga anak yang tidak tepat.