sakit telinga dan sebelumnya kemasukan bedak di telinga

N Info Penanya: N, Pria, 2019 Tahun
selamat malam dok, saya ingin tanya. anak saya usia 2 tahun 6 bulan, telinga nya seperti kesakitan ketika tersentuh atau disentuh. 2 hari sebelumnya pas tidur kemasukan bedak telinga kanannya, lalu saya coba keluarkan dengan membalikan posisinya. apa sebabnya dari kejadian itu? apa mungkin ada bedak yg masuk ke telinga nya? karena dilihat dari luar tidak ada luka. dan apa yg harus saya lakukan saat ini? trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam N

Sakit telinga pada anak paling sering disebabkan oleh otitis atau radang telinga, penyebabnya adalah infeksi. Otitis ada dua yaitu otitis media dan eksterna. Otitis media terjadi pada telinga bagian dalam, biasanya ada infeksi saluran nafas atas seperti batuk pilek yang menyertai sebelumnya sehingga drainase teling dalam terganggu dan kuman ISPA masuk memicu peradangan dan nyeri, jika radangnya disertai nanah dapat membuat pecah gendang telinga. 

Selain radang telinga dalam, terdapat otitis eksterna atau radang liang telinga, biasanya diawali akibat kemasukan air, benda asing atau akibat mencongkel telinga. Pada anak anda terdapat riwayat kemasukan bedak di telinga sehingga mungkin memicu peradangan pada liang telinga.

Saya sarankan agar menjaga kebersihan telinga, jangan mencongkel telinga dengan cutton bud atau memasukkan air kedalam. Sebaiknya anda membawa anak anda ke dokter untuk memeriksa kondisi liang telinga dan gendang telinga. 

Salam sehat

dr.Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.