Tulang belakang berdarah pasca dipukul kayu

YS Info Penanya: YS, Wanita, 32 Tahun
Maaf dokter aku setelah dipukul oleh kayu tulang belakang saya saya mengeluarkan darah cukup banyak darah dan jongkok akan keluar dengan sendirinya warnanya merah cerah dan berbau anyir
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YS.

Keluarnya darah dari tulang belakang setelah dipukul atau mengalami trauma dapat terjadi karena adanya cedera yang mengakibatkan luka. Pukulan yang dihasilkan dari penggunaan kayu umumnya berupa trauma tumpul karena biasanya kayu terbentuk menjadi sebuah balok. Namun pada ayunan keras, benda tumpulpun dapat mencederai dengan berat dan menyebabkan luka terbuka yang mencederai pembuluh darah, sehingga darah dapat mengalir keluar tubuh.

Mengenai perdarahan yang cukup banyak pada tulang belakang Anda, dapat mengindikasikan bahwa luka yang terjadi cukup parah dan diperlukan penanganan segera yang lebih lanjut. Kerusakan yang terjadi dapat mengenai otot dan jaringan lainnya disekitar tulang belakang atau bahkan menganggu struktur tulang belakang.

Untuk pertolongan pertama, keadaan perdarahan tersebut dapat dibalut tekan menggunakan kain agar alirannya dapat dihambat dan tidak terlalu deras. Harapannya, akan terjadi proses pembekuan sehingga darah dapat sedikit demi sedikit berhenti mengalir. Namun pada keadaan rusaknya pembuluh darah yang besar, diperlukan tindakan yang lebih intensif atau bahkan operasi untuk menghentikan perdarahannya. Pada keadaan tersebut ada baiknya untuk segera meminta bantuan medis darurat agar Anda mendapatkan penanganan yang tepat.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pertolongan pertama sesak napas dapat dilakukan dengan menggunakan inhaler

Jangan Panik! Lakukan Cara Ini Untuk Pertolongan Pertama Sesak Napas

Pertolongan pertama sesak nafas penting untuk diketahui. Sesak napas dapat menyebabkan permasalahan yang serius hingga mengancam jiwa. Lantas, apa yang harus dilakukan?