Sakit seluruh badan, karena apa ?

YH Info Penanya: YH, Wanita, 22 Tahun
Dok saya mau bertanya,ibu saya umur 44, sakit seluruh badan , tidak bisa tidur selalu merasa sakit, sudah ke dokter tidak ada perubahan, minta di pijat, tetapi pas setelah dipijat malah bilang tambah sakit, sudah beberapa hari tidak bisa tidur, bagaimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, YH.

Sakit seluruh badan merupakan gejala yang umumnya terjadi ketika terdapat gangguan di bagian otot dan saraf. Salah satu kondisi medis dengan gejala khas tersebut adalah fibromyalgia. Selain nyeri seluruh badan yang dirasakan secara kronis, fibromyalgia juga disertai gejala kelelahan berat, gangguan tidur, serta gangguan pada mental dan emosional.

Gejala yang dirasakan pada kondisi fibromyalgia berasal dari keadaan otak dan saraf yang mengartikan sinyal sakit yang seharusnya nomal menjadi berlebihan, akibat dari adanya ketidakseimbangan zat kimia di dalam otak. Penyebab dari fibromyalgia sendiri hingga saat ini belum diketahui secara jelas. 

Namun, terdapat beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya fibromyalgia yang meliputi :

  • riwayat infeksi sebelumnya
  • faktor genetika dan keturunan
  • riwayat trauma fisik maupun emosional
  • stres atau tekanan batin
  • riwayat penyakit sendi
  • usia berkisar 20-50 tahun
  • jenis kelamin, umumnya lebih sering pada wanita
  • berat badan berlebih hingga obesitas

Terkait dengan keluhan yang dirasakan oleh Ibu Anda, ada baiknya untuk segera diperiksakan pada dokter Ahli. Penangan kasus fibromyalgia ini mungkin membutuhkan kerjasama multidisiplin ilmu yang dapat meliputi dokter Spesialis Saraf, Spesialis Jiwa, Spesialis Penyakit Dalam dan Spesialis Rehabilitasi Medis.

Dokter mungkin akan memberikan terapi pereda nyeri, anti-depresan serta obat-obatan untuk saraf. Selain itu, akan dibutuhkan terapi fisik, okupasi dan konseling untuk terapi yang lebih intensif dan menyeluruh.

Untuk keterangan lebih lanjut Anda dapat memeriksakan diri secara langsung kepada dokter Spesialis Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh AJ
22 Apr 2020, 11:06
Kalau tidak nafsu makan juga dok bagaimana, sakit dada punggung kaki dan tangan di serta bengkak juga tangan nya, malam juga tdk bisa tidur
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
22 Apr 2020, 11:33
Hi, AJ.
Keluhan seperti itu penyebabnya bisa karena gangguan pada otot dan saraf, gangguan cairan tubuh, dan akibat kondisi medis tertentu penyakit ginjal, diabetes, hipertensi, dll. Agar lebih pasti, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter agar dapat diperiksa langsung dan diberikan terapi yang tepat.
Salam sehat.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyakit belpasi atau Bell's palsy menyebabkan salah satu sisi wajah menurun dan kelopak mata menurun

Penyakit Belpasi, Paralisis Wajah yang Bisa Sembuh dengan Sendirinya

Penyakit belpasi atau Bell’s palsy adalah kelumpuhan wajah yang terjadi tiba-tiba, puncaknya setelah 48 jam. Pemicunya adalah trauma pada saraf yang bertugas mengatur pergerakan organ wajah yang berkaitan dengan ekspresi.