Sakit setelah kencing di bagian kelamin dan atasnya, karena apa ?

SU Info Penanya: SU, Pria, 1 Tahun
Dok mau tanya.. knpa sesudah saya kencing terasa sakit di bagian kelamin dan di atasnya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, A.

Sakit setelah kencing merupakan keluhan yang umumnya berhubungan dengan gangguan pada saluran kemih. Dalam istilah medis sakit setelah kencing dikenal dengan dysuria. Keluhan sakit tersebut umumnya disertai perasaan tidak nyaman dan sensasi panas.

Berikut beberapa faktor penyebab dari sakit setelah kencing yang umum terjadi, diantaranya adalah :

Mengenai keluhan sakit setelah kencing yang Anda alami, dapat terjadi karena salah satu faktor diatas. Faktor dan kondisi medis yang paling umum terjadi ialah infeksi saluran kemih, namun demikian, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosis dan penyebab dari keluhan yang Anda alami.

Untuk saat ini Anda perlu memperbanyak konsumsi cairan yakni, 3 L/hari nya untuk pria. Anda pun dapat mengonsumsi sumber probiotik dan air rebusan kunyit untuk membantu mengatasi keluhan Anda. Jika nyeri mulai mengganggu aktivitas Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek.

Apabila keluhan sakit yang dialami terasa memberat, disertai dengan keluarnya darah bersama urine dan adanya keluhan demam, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter Spesialis Urologi.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Fungsi kandung kemih adalah untuk menyimpan urine hasil penyaringan ginjal

Mengenal Fungsi Kandung Kemih dan Cara-cara Menjaga Kesehatannya

Fungsi kandung kemih di tubuh adalah untuk menyimpan urine hasil dari penyaringan ginjal. Tidak menjaga kesehatannya dapat menyebabkan infeksi pada kandung kemih.