Mengapa saat menarik napas panjang kadang terasa nyeri di dada?

T Info Penanya: T
Saat menarik nafas panjang, terasa sangat sakit seperti tertarik di bagian bawah payudara kiri hingga ke tulang belakang, sering muncul tiba2 ketika menggerakkan badan, kira2 kenapa ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, T

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Nyeri dada bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti adanya masalah pada tulang dan atau otot-otot pada dada, adanya penyakit paru-paru, adanya penyakit jantung, atau bahkan adanya penyakit pada sistem pencernaan.

Pada saat melakukan tarikan napas panjang, ada banyak sekali otot-otot pernapasan serta otot-otot pada dinding danda dan juga tulang-tulang dada mengalami pergerakan. Sehingga perlu dipastian kembali apakah ada riwayat cedera atau trauma pada area dada anda, terlebih jika nyeri yang dirasakan hanya pada saat-saat tertentu saja.

Sedangkan pada penyakit jantung, biasanya nyeri dada terada seperti ditindih, atau nyeri yang menjalar sampai ke leher dan lengan kiri. Nyeri dada akibat penyakit jantung ini biasanya terjadi dengan durasi lebih dari 15 menit.  Untuk nyeri dada karena adanya penyakit paru-paru seperti pada pneumonia atau pada pleuritis biasanya diikuti dengan batu dan sesak napas.

Terkait dengan pertanyaan Anda, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab neyri dada yang Anda rasakan. Tetap mengonsumsi makanan bergizi seimbang, hidari stres dan kelelehan, cukupi kebutuhan cairan harian, dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Jika keluahn dirasa tidak membaik atau semakin memberat, segera periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Proses respirasi manusia melibatkan banyak proses rumit

Memahami Proses Respirasi dan Berbagai Penyakit yang Mengancamnya

Sistem respirasi manusia terdiri dari serangkaian proses rumit yang berperan penting bagi kehidupan sehari-hari. Banyak penyakit yang dapat mengganggu proses respirasi, mulai dari asma hingga COVID-19.