Sakit saat buang air kecil, apakah gejala endometriosis?

L Info Penanya: L, Wanita
Selamat Pagi,dok. Saya mengidap penyakit endometriosis, namun saya sudah dioperasi. Belakangan ini, saat saya menstruasi, saya merasakan nyeri yang menyakitkan pada bagian perut hingga dubur, dan saya juga sering mengalami sakit saat buang air kecil. Apakah penyakit saya kambuh dok? Terimakasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Endometriosis adalah penyakit dimana ditemukan jaringan rahim namun terletak di luar rahim, jaringan tersebut bisa ditemukan di tuba falopi, atau di indung telur. Endometriosis sering menimbulkan gejala seperti nyeri perut bagian bawah menjelang dan selama haid, serta ditemukan perdarahan yang sangat banyak ketika haid atau terjadi perdarahan setelah berhubungan seksual. 

Sedangkan untuk keluhan nyeri ketika BAK bisa disebabkan oleh infeksi saluran kencing, batu ginjal, interstitial cystitis, atau adanya penyakit menular seksual. Dan karena kandung kencing letaknya berdekatan dengan rahim, maka keluhan keduanya sering tumpang tindih, karena kedua penyakit tersebut sering menimbulkan gejala nyeri perut bagian bawah hingga nyeri pinggang.

Untuk sementara yang dapat Anda lakukan agar keluhan nyeri berangsur-angsur menghilang adalah dengan cara :
  1. Perbanyak konsumsi air putih.
  2. Basuh area kelamin dari depan ke belakang.
  3. Hindari pemakaian sabun pembersih terutama yang mengandung pewangi.
  4. Kompres menggunakan air hangat pada bagian perut atau pinggang yang nyeri.
  5. Minum paracetamol untuk meredakan nyeri.

Namun sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan, karena meskipun endometriosis sudah dioperasi, masih ada kemungkinan untuk terjadi kekambuhan lagi.

Salam sehat,

dr. Vina

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ketidaksuburan wanita dapat disebabkan oleh endometriosis dan PCOS

Kenali Perbedaan PCOS dan Endometriosis pada Gangguan Kesuburan Wanita

Ketidaksuburan wanita sering disebabkan oleh endometriosis dan PCOS. Keduanya memiliki gejala-gejala yang hampir sama pada fase awal. Kenali perbedaannya agar mendapatkan perawatan yang sesuai.