19 Jul 2021, 12:54Pernapasan

Apa penyakit yang ditandai dengan flu dan batuk?

DN
Info Penanya: DN0
Selamat siang dok ...saya mengalami sakit flu batuk, 3 hari sebelumnya demam kemudian demamnya mulai naik turun kadang mual kadang pusing kepala bagian belakang... sudah 1 Minggu tak kunjung membaik padahal sudah saya bawa ke klinik... Tapi pihak klinik tidak memberikan informasi tentang penyakit saya ... sebenarnya saya ini punya gejala penyakit apa ya?? Terimakasih :)
358 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, DNTerima kasih atas pertanyaannya.Flu dan batuk adalah gejala yang umum terjadi pada seseorang yang mengalami gangguan saluran napas.  Keluhan dapat disertai hidung tersumbat, sakit tenggorokan, bersin, hingga sesak napas. 

Penyebab gangguan saluran napas :

  • Reaksi alergi yang terjadi akibat paparan debu, makanan, asap, udara, hingga bulu hewan. Akan timbul bersin, hidung berair ataupun disertai tersumbat.
  • Iritasi pada tenggorokan atau hidung akibat pola makan yang kurang baik, paparan zat kimia serta riwayat merokok ada asap rokok.
  • Infeksi bakteri atau virus yang menyerang saluran napas dengan gejala tergantung bagian mana yang terkena. Keluhan biasanya disertai dengan demam, sakit kepala, badan lemas.
Sedangkan mual dan sakit kepala bisa karena efek dari badan yang tidak fit, kelelahan, asupan makan kurang baik, sering begadang, dan daya tubuh yang menurun. Jadi bila dilihat dari gejala yang disampaikan kemungkinan mengalami infeksi saluran pernapasan bagian atas yang diakibatkan oleh bakteri ataupun virus.  Tidak menutup kemungkinan gejala juga mengarah ke infeksi COVID-19.  Untuk itu lakukan kontrol ulang dengan dokter klinik bila keluhan tidak juga membaik dan obat sudah habis serta tanyakan apakah memerlukan swab PCR. Sementara ini gunakan masker di rumah, perbanyak minum air putih, batasi dulu bertemu orang lain, minum obat teratur, makan sehat, teratur, dan bebas pengawet serta tidak memicu batuk, istiraht cukup dan olahraga ringan. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
alergidemaminfeksi saluran pernapasanradang saluran pernapasangangguan pernapasancoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil