30 Jun 2021, 11:00Penyakit Lainnya

Terlambat menstruasi dan mual dipagi hari apakah hamil?

JA
Info Penanya: JA0
Dok Boleh nanyak? Saya punya pacar dok , tpi pacar saya memiliki gejala , Morning sickness, sering lelah, sering kencing di malam hari, terlambat mens, bercak merah muda di perut, dan dia ngerasa payudara dia sedikit membesar.. Gejala yang di atas itu dok kan untuk wanita hamil? Pacar saya mempunyai gejala begitu dok? Pdhl kami tidak pernah sama sekali berhubungan intim dok? Apa itu pengaruh dengan PMS nya dok? Mohon kasih tau ya dok
128 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, JTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat menstruasi sering kali dikaitkan dengan adanya kehamilan, terlebih bila ada keluhan penyerta seperti mual muntah, pusing dan lain sebagainya. Padahal, selain karena hamil terlambat menstruasi juga bisa karena faktor hormonal yang tidak stabil, kelelahan, stres, cemas, efek Kb atau adanya penyakit pada organ reproduksi. 

Perlu diketahui bahwa tanda pasti dari kehamilan diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Hasil pemeriksaan alat scanning atau sering dikenal dengan istilah USG kandungan
  • Hasil dari pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter spesialsi kandungan 
  • Hasil tes kehamilan seperti test pack yang positif
Terkait dengan apa yang terjadi pada pacar Anda, jika curiga terjadi kehamilan silakan lakukan tes kehamilan untuk lebih memastikan. Apabila hasilnya negatif, silakan melakukan tes kehamilan ulang jeda  7 hari kemudian untuk lebih memastikannya. Jika hasilnya tetap negatif, maka kemungkinan penyebab terlambat menstruasi bisa karena kondisi yang telah disebutkan di atas. Sedangkan keluhan yang dirasakan juga bisa disebabkan oleh masalah pencernaan, premenstual syndrome, masalah kesehatan reproduksi atau karena kondisi medis yang lainnya. Silakan melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan utnuk emndapatkan tatalaksana lebih lanjut.Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, atasi stres, hindari kecemasan, berolahraga ringan dengan rutn, minum air cukup, hindari seks bebas dan jaga kebersihan organ intim.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
mualsiklus haidhamilhaidpremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil