19 Jun 2021, 12:06Infeksi

Sakit cacar, apakah boleh masuk kerja?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok saya sakit cacar dibadan sudah tambah banyak, saya ke klinik tapi mereka hanya kasih 1 hari buat keterangan ke kerjaan saya, katanya jika lebih dari satu hari mereka akan kena sanksi, kalo besoknya saya masih gak bisa masuk kerja karena cacar saya, apa saya harus ke dokter klinik lagi buat berobat?
319 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo K,
Cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster, virus ini sangat mudah menular yaitu melalui udara dan kontak dengan cairan lesi penderita. Gejala cacar adalah demam, muncul bintil-bintil di kulit yang dapat berbentuk berisi cairan maupun lesi kulit yang sudah pecah.
 
Cacar air pada orang dewasa umumnya lebih berat daripada cacar air anak-anak, ruam ini pecah dari bintil di tubuh pasien menyebabkan bintil tersebut menyebar keseluruh tubuh bahkan ke tubuh orang lain. Dengan demikian, masuk kerja disaat sedang terkena cacar adalah tindakan yang beresiko menularkan penyakit Anda kepada pekerja lain.

Penanganan cacar air

Obat yang dapat dikonsumsi saat mengalami cacar adalah penurun demam seperti paracetamol 3x sehari, dan antivirus acyclovir  5x 400mg sehari selama minimal 7hari. Gunakan juga salep acyclovir untuk di oleskan pada bintil-bintil Anda agar luka segera mengering dan dapat segera sembuh.
 
Jika tidak mendapatkan obat berikut dari klinik atau tidak mendapatkan surat keterangan sakit, hal ini mungkin disebabkan karena klinik tidak dapat memberikan surat istirahat selama 7hari. Silahkan lakukan rawat inap di rumah sakit agar mendapatkan penanganan yang sesuai sekaligus dengan surat keterangan dirawat sesuai lamanya perjalanan penyakit Anda sampai Anda benar-benar sembuh. 
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
cacar airinfeksi virusvarisela zoster
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil