22 Apr 2021, 01:54Kulit & Kelamin

Sakit di vagina apa penyebabnya?

WS
Info Penanya: WS0
selamat malam dok...saya mau tanya istri saya kan pernah suntik KB sebelum2nya rutin perbulan lah trus entah berhenti entah apa,lah trus pertama gejalanya mens tidak berhenti tapi cuma sedikit2 ahkirnya sudah beberapa hari ini keluar kyak keputihan entah nanah trus skrng malah didekat kemaluannya bengkak sampai buat jalan itu sakit minta tolong kira2 ini penyakit apa dan harus gimana?
56 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang WS,KB suntik adalah salah satu cara wanita mencegah kehamilan. Karena di dalam KB ini terdapat hormon maka seringkali terjadi gangguan siklus haid disaat menggunakan KB dan disaat KB dihentikan. Efek samping yang sering muncul adalah muncul flek-flek darah atau malah tidak haid samasekali dan hal ini bisa berlangsung beberapa bulan meski KBnya sudah dihentikan.Perihal keluhan keluar keputihan seperti nanah dan terasa nyeri serta bengkak di vagina tentu tidak berkaitan dengan KB yang digunakan. Kemungkinan keluhan yang dirasakan disebabkan oleh adanya infeksi jamur atau adanya bartholinitis. Adanya bartholinitis ini ditandai dengan muncul benjolan di samping lubang vagina yang tampak bengkak, merah meradang dan terasa nyeri sehingga akan mengalami kesulitan saat berjalan.

Yang perlu dilakukan untuk mengatasi keputihan dan vagina yang nyeri adalah:

  • Kompres atau berendam menggunakan air hangat.
  • Minum paracetamol untuk meredakan nyerinya.
  • Jaga kebersihan kelamin dan rutin ganti celana dalam.
  • Jangan berhubungan seksual dulu.
Segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk penanganan lebih lanjut. Biasanya dokter akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi tersebut.Salam sehat,dr. Vina
infeksi jamurkeputihanabses bartholin
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil