22 Feb 2021, 19:06Penyakit Lainnya

Jantung berdebar apa penyebabnya?

NR
Info Penanya: NR0
Knp sy trkadang mngalami jantung brdebar kncang tdk stabl,sesk nafas dan tenggorokn kering... .. Tpi say mnglmi penykit lambung dn paru"pengobatn dalam proses... Prtnyaan ny penyebab utama jantung brdebar itu dari mna?
512 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi NR,Jantung berdebar seringkali menimbulkan kepanikan dan memang benar perlu diwaspadai karena jantung adalah salah satu organ vital pada manusia. Namun perlu diketahui bahwa penyebab jantung berdebar ini sangat beragam, bukan dari gangguan jantung saja. Sehingga perlu diketahui keluhan lain yang menyertainya.

Penyebab jantung berdebar:

  • Kecemasan. Kondisi kaget, panik, cemas berlebihan akan membuat jantung berdebar, keringat dingin yang tampak seolah-olah jantungnya yang bermasalah.
  • Efek samping kafein. Konsumsi kopi atau teh berlebihan akan membuat jantung berdetak lebih sering.
  • Hipertiroid. Akan teraba benjolan di leher atau disertai dengan keluhan berat badan turun, mudah berkeringat, mata tampak lebih menonjol, dll.
Perihal keluhan Anda yang merasa jantung berdebar, sesak napas dan tenggorokan kering maka bisa saja yang Anda alami adalah GERD. Kondisi gangguan lambung yang Anda alami akan membuat asam lambung naik ke tenggorokan sehingga akan membuat rasa tidak nyaman di dada. Selain itu mungkin penyebabnya juga dari efek samping obat-obat paru yang Anda minum yang biasanya agak perih di lambung.Yang perlu Anda lakukan saat ini untuk mengatasi keluhan tersebut adalah minum antacida, hindari konsumsi kopi, soda, dan makan porsi kecil namun sering. Lakukan pemeriksaan ke dokter penyakit dalam bila keluhan semakin parah atau terasa makin sesak.Salam sehat,dr. Vina
penyakit paru-parugerdjantung berdebar
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil