18 Dec 2020, 16:11Pernapasan

Apakah makanan berminyak menyebabkan gatal pada tenggorokan?

DM
Info Penanya: DM0
Dok beberapa hari yg lalu saya merasakan pangkal tenggorokan saya seperti ada yg mengganjal dan ditenggorokan terasa seperti ada dahak sehingga mengharuskan saya terus berdehem dan memaksa untuk batuk. Namun itu sudah membaik, setelah itu saya mengkonsumsi makanan berminyak yg banyak micinnya kemudian tenggorokan saya jadi gatal dan sedikit batuk tenggorokan juga terasa berlendir. Apakah ini umum terjadi ketika setelah memakan makanan berminyak dok?
428 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo D,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Tenggorokan merupakan jalur lewatnya makanan berserta pernafasan. Banyak makanan yang masuk yang mungkin membawa bakteri, kuman, dan virus, membuat tubuh melakukan mekanisme pertahanan untuk mengeluarkannya dengan cara membentuk lendir. Lendir berupa dahak ini dikeluarkan melalui proses batuk. Produksi lendir yang terlalu banyak dan kental, membuat rasa tidak nyaman di tenggorokan dan terasa ada yang mengganjal.

Penyebab terbentuknya dahak dan lendir di tenggorokan 

Penyebab terbentuknya dahak dan lendir di tenggorokan  antara lain :
  • Infeksi saluran nafas atas seperti flu atau commond cold, infeksi tonsil atau amandel.
  • Infeksi saluran nafas bawah seperti serangan asma bronkiale, TBC paru, bronkitis, PPOK, dan tumor atau kanker paru.
  • Rhintisi alergica.
  • Reaksi alergi terhadap benda asing yang masuk ke tubuh misalnya saat seseorang alergi makanan, alergi udara, alergi cuaca yang dingin maupun panas, dan alergi obat.-obatan.

Apakah makanan berminyak menyebabkan gatal pada tenggorokan?

Gejala yang Anda alami dapat disebabkan infeksi saluran nafas yang ada, kemudian tubuh Anda berusaha untuk melawan virus dan bakteri tersebut dengan menghasilkan lendir dan dahak, namun rasa tidak nyaman di tenggorokan ini dapat diperparah oleh konsumsi makanan yang berminyak karena membuat tenggorokan menjadi bertambah "seret" atau mengganjal. Untuk itu saat tenggorokan terasa gatal, sebaiknya konsumsi makanan hangat dan cair agar tenggorokan menjadi lebih lega. Anda juga perlu minum yang cukup, makan makanan bergizi, tingkatkan konsumsi buah dan sayur. Jika perlu, konsumsi vitamin untuk meningkatkan imun tubuh seperti vitamin C, vitamin E, dan zink.Jika keluhan yang Anda alami bertambah berat, diikuti kesulitan bernafas, demam tinggi, pengeluaran dahak yang berwarna kehijauan, segera ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut. Tak lupa juga untuk selalu menerapkan etika batuk bersin yang benar serta menjalankan protokol kesehatan.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
asmainfeksi saluran pernapasancoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil