15 Dec 2020, 15:51Pernapasan

Demam dan rasa mengganjal di pangkal tenggorokan

DM
Info Penanya: DM0
Dok saya pernah mengalami demam tinggi, sedikit sakit tenggorokan nyeri dibagian belakang telinga hingga rahang serta nyeri badan. Setelah semua itu membaik saya merasakan ada yg mengganjal di bagian pangkal tenggorokan saya lalu di tenggorokan seperti ada dahak namun tidak batuk dan pilek. Itu penyebabnya apa ya dok?
302 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, DM.Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh meningkat lebih dari 38 derajat celcius. Kondisi ini biasanya disebabkan karena proses perlawanan sistem kekebalan manusia terhadap bakteri, virus, atau alergen yang masuk ke dalam tubuh. Karena penyebab demam sangat banyak dan bervariasi, maka penting untuk diperhatikan gejala lainnya.Apabila demam Anda disertai dengan sakit tenggorokan, belakang telinga, rahang, bahkan seluruh badan, maka ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya, yaitu:
Apabila ketika demam sudah membaik timbul gejala lain, yaitu rasa mengganjal di tenggorokan, maka kemungkinan besar Anda mengalami infeksi saluran pernapasan. Sumber infeksi bisa dari organ amandel (tonsil), batang tenggorok (faring), maupun pita suara (laring). Apabila bagian-bagian tersebut mengalami infeksi, produksi dahak di saluran napas biasanya meningkat.Untuk saat ini, Anda dianjurkan agar menghindari konsumsi makanan pedas, asam, berminyak, dan memperbanyak konsumsi air putih. Pastikan bahwa udara yang dihirup bersih, dan Anda tidak terpapar asap, polusi, maupun debu. Apabila keluhan tidak membaik atau disertai benjolan pada leher, segera periksakan kondisi Anda kepada dokter THT. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran pernapasanradang saluran pernapasanpenyakit pernapasan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil