Pusing terus menerus, apa penyebabnya?

ST Info Penanya: ST
selamat malam dok,sy ingin bertanya ..kenapa ya dok kepala sya sering sekali pusing bahkan tiap hari ini pusing truss sudah di minumkan obat pereda tidak mempan juga dok ,,apa penyebab nya dok ya ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi ST,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Pusing yang di alami beberapa orang memiliki sensasi berbeda-beda ada yang seperti melayang atau hilang keseimbangan, kepala terasa berat, kliyengan atau bahkan berputar. Pusing bukanlah suatu penyakit, melainkan gejala atau tanda dari penyakit tertentu. Pusing bisa dirasakan bertambah berat jika berdiri, duduk, berbaring, berjalan atau menggerakan kepala. Dan juga bisa di sertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, seperti mau pingsan, dan lain lain. Semuanya tergantung setiap individu dan penyebabnya.

Pusing bisa di sebabkan karena beberapa penyebab seperti :

  • Tekanan darah yang rendah atau tinggi
  • Kekurangan zat besi (anemia)
  • Gangguan saraf
  • Gangguan kecemasan
  • Kekurangan cairan (dehidrasi)
  • Kekurangan gula (hipoglikemia)

Jika pusing tidak membaik, disertai rasa sakit kepala yang memberat, gangguan penglihatan, disertai muntah terus menerus, sulit berjalan, mati rasa di bagian tangan atau kaki, sesak nafas, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter saraf untuk melakukan penanganan dan pengobatan lebih lanjut.

Untuk penanganan dan pencegahan di rumah yang dapat Anda lakukan, istirahat cukup, olahraga secara rutin, diet rendah garam dan hindari minuman berkafein.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada tiga faktor yang bisa menjadi penyebab migrain; usia, jenis kelamin, dan genetik.

Segudang Penyebab Migrain yang Mengganggu Aktivitas Sehari-hari

Penyebab migrain ada banyak macamnya. Penyakit yang membuat sakit kepala sebelah ini memang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengetahui penyebab migrain bisa membantu Anda melakukan langkah pencegahan, agar migrain tidak datang tiba-tiba.