10 Jul 2020, 22:43Perut

Apa gejala infeksi kandung kemih?

DS
Info Penanya: DS, Wanita0
Malam dokter, beberapa minggu ini perut bagian bawah saya atau persis diatas kemaluan saya sering keram, dan bahkan sangat sakit dan disertai ngilu pada tulang paha, 3 tahun yg lalu saya pernah mengalami keram seperti ini, tapi tidak disertai ngilu dan setelah periksa ke dokter hasilnya infeksi kandung kemih. Kira" sakit apa ya dok yg mungkin saya alami saat ini?
6055 Views
4 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, DS.Infeksi kandung kemih, dalam bahasa medis disebut dengan sistitis, adalah kondisi peradangan pada kandung kemih yang biasanya disebabkan oleh bakteri. Infeksi ini kerapkali terjadi pada wanita. Hal ini disebabkan karena saluran kencing (uretra) wanita yang berukuran pendek, sehingga memudahkan bakteri masuk ke dalam kandung kemih.

Gejala infeksi kandung kemih adalah:

  • Nyeri pada perut bawah, tepatnya di atas tulang kemaluan
  • Nyeri yang menjalar hingga selangkangan atau paha
  • Rasa anyang-anyangan
  • Rasa sakit atau tidak tuntas saat berkemih
  • Demam ringan
Oleh karena itu, untuk sementara Anda dapat mencoba mengonsumsi air putih yang banyak. Hindari dulu minuman berkafein, bersoda, beralkohol, maupun mengandung pemanis buatan. Kemudian, jaga kebersihan alat kelamin dengan membersihkannya setiap buang air, dan menjaga agar celana dalam tidak lembab.Apabila tak kunjung membaik, ada baiknya Anda berkonsultasi kembali kepada dokter spesialis urologi. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan laboratorium seperti urine rutin, atau USG perut jika diperlukan. Jika benar infeksi kandung kemih, dokter akan memberikan antibiotik dan obat lainnya untuk mengurangi gejala.Tetapi, perlu diingat bahwa di perut bawah ada organ lainnya juga seperti rahim dan usus. Bisa jadi penyebabnya ternyata berasal dari rahim, seperti mioma uteri atau kista ovarium; atau berasal dari usus seperti fecalith (feses yang mengeras). Apabila penyebabnya bukan dari kandung kemih, maka dokter spesialis urologi akan merujuk Anda ke spesialisasi yang sesuai. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran kencingkista ovarium
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil