Apakah penyebab dari keluhan ini?

D1 Info Penanya: D1
Adik saya dia pusing, kadang merasa demam, panas dingin, persendian sakit(nyeri). Kulit bintik bintik parah?, mata kunang kunangan, tpi tadi cek suhu cuman 35.5..kira2 dari gejala sakit apa itu dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Demam merupakan suatu kondisi dimana tubuh naik dikarenakan sebagai respon normal tubuh yang sedang melawan bakteri/virus yang menyerang. Suhu tubuh normal berkisar antara 36.5 - 37.2 derajat celcius.

Pusing dan berkunang-kunang bisa disebabkan oleh beberapa hal mulai dari masalah sehari-hari seperti kurang tidur, kelelahan, kurangnya asupan makanan bergizi yang adekuat, kurang cairan (dehidrasi), sampai dengan beberapa kondisi medis lainnya seperti anemia, tekanan darah rendah dan lain sebagainya.

Bintik-bintik merah pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena petekie akibat dari turunnya kadar trombosit, bisa karena adanya masalah pada kulit dan juga kondisi medis yang lainnya.

Terkait dengan pertanyaan Anda, keluhan yang dirasakan bisa karena Demam dengue, Demam berdarah dengue, infeksi virus, infeksi bakteri ataupun bisa juga karena kondisi medis yang lainnya. Perlu dilakukan pemeriksaan fisik serta penunjang bila diperlukan untuk mendapatkan diagnosa dan tatalaksana yang sesuai.

Segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat atau bila keadaan tidak memungkinkan seperti lemas, kesadaran menurun, susah diajak komunikasi, kaki tangan dingin dan tampak pucat segera menuju IGD Rumah sakit terdekat.

Usahakan untuk tetap makan makanan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anda disarankan tidak mengonsumsi minuman beralkohol sebelum memulai perjalanan, untuk mencegah mual dan mabuk.

Tips Mudik Sehat Untuk Anda yang Sering Mabuk di Perjalanan

Perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan kerap menimbulkan gangguan kesehatan, termasuk munculnya rasa mabuk. Untuk mencegah serta mengatasinya, ada beberapa tips mudik yang dapat Anda coba.