Kenapa sering meriang dan sakit kepala?

EH Info Penanya: EH
dok saya mau tanya kenapa badan saya meriang dan sakit trus kepala saya sakit dan tidak fokus ya?terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi EH,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Meriang atau demam merupakan kondisi tubuh mengalami peningkatan suhu mencapai 38oC atau lebih. Ketika Anda terserang virus atau bakteri kemudian badan meriang, itu artinya sistem kekebalan tubuh sedang melawan serangan tersebut.

Sakit kepala adalah rasa sakit atau nyeri di kepala. Nyeri bisa muncul di salah satu sisi kepala, atau di seluruh bagian kepala. Sakit kepala bisa membuat kepala terasa berdenyut, atau seperti dililit kencang oleh tali.

Beberapa penyebab meriang dan sakit kepala adalah flu, radang tenggorokan, dehidrasi, infeksi pada telinga dan gigi, dan lain sebagainya. Jika demam sudah berlangsung lama lebih dari 5 hari penyakit seperti tifoid atau demam berdarah perlu di pertimbangkan.

Untuk mengatasinya jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh, istirahat yang cukup, berolah raga secara teratur, hindari makanan yang keras dan pedas dan berlemak, minum air putih minimal 2 liter / hari. Jika badan meriang dan sakit kepalanya tidak kunjung membaik sebaiknya di konsultasikan lebih lanjut ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mulai dari yang alami hingga resep dokter, ini obat vertigo

Obat Vertigo Yang Bisa Dicoba: Dari Bahan Alami Hingga Resep Dokter

Vertigo adalah kondisi gangguan yang menyebabkan sensasi berputar luar biasa di kepala hingga memengaruhi keseimbangan tubuh penderitanya. Apa saja obat vertigo yang dapat digunakan untuk mengobati kondisi ini?