Pusing terutama jika bangun tidur apa penyebabnya?

IN Info Penanya: IN
dok saya mau nanya kenapa ya setelah saya melahirkan anak kedua saya sering merasakan pusing ketika bangun tidur setelah pasca melahirkan normal saya di kb suntik yang tiga bulan belum pernah haid lagi sampai skrg dok apa ada hubungan nya dengan pusing ini? terus bb saya juga ga naik naik dok paling naik ga lama turun lagi padahal makan banyak terus
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang In,

Pusing adalah sensasi yang dirasakan seperti tidak seimbang, terasa sensasi berputar, rasa limbung dan lainnya. Penyebab pusing sendiri bisa beragam, mulai dari kebiasaan sehari-hari seperti sering melewatkan waktu makan, kurang asupan cairan, kadar gula darah yang rendah, gangguan organ keseimbangan, vertigo, tekanan darah rendah dan lainnya.

Jadi jika sering kali pusing masih timbul, perlu diperhatikan pola hidup sehari-harinya. Perlu cukup istirahat, jadi ikuti pola istirahat bayi, jika bayi tidur bisa ikut tidur. Keluhan pusing juga bisa timbul karena sering bergadang di malam hari mengikuti bayi yang terbangun.

Jika menggunakan KB suntik memang bisa menimbulkan sejumlah efek samping termasuk sakit kepala dan juga berhenti menstruasi, jadi jika merasa kurang nyaman dengan efek samping yang timbul bisa berkonsultasi dan mengganti metode KB seperti implan ataupun pil KB yang aman untuk ibu menyusui.

Periksakan diri jika pusing masih sering kali timbul ataupun jika lebih dari 90 hari masih tidak juga menstruasi agar dipastikan penyebabnya. Upayakan mengonsumsi makanan bergizi dengan porsi kecil tapi lebih sering, perbanyak minum air putih dan juga bisa mengonsumsi suplemen jika diperlukan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi  P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum pil KB dan menjaga berat badan dapat membantu mempercepat menstruasi

7 Cara Agar Cepat Menstruasi yang Aman Dilakukan

Tidak dapat diprediksi kapan akan datang, cara aman untuk mempercepat menstruasi adalah dengan minum pil KB atau vitamin c, berolahraga, atau kompres air hangat.