Penyebab jantung berdebar dan perut sebelah kanan nyeri

DR Info Penanya: DR, Wanita, 20 Tahun
Dok kenapa ya akhir akhir ini sering deg²kan perut sebelah kanan sakit dan kadang nafas sesek
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Jantung berdebar merupakan suatu kondisi dimana jantung berdenyut secara cepat dan tidak teratur. Penyebab jantung sering berdebar adalah stress, merasa ketakutan, mengonsumsi kafein, cemas, olahraga, demam, penyakit jantung, kadar oksigen dalam darah rendah, dan pembengkakan kelenjar tiroid. Jantung yang berdebar juga erat kaitannya dengan sesak nafas karena pada saat jantung berdebar-debar, maka aliran oksigen terganggu dan menyebabkan kondisi sesak nafas. Sehingga Anda sering merasakan jantung yang berdebar disertai dengan rasa sesak di dada. Untuk memastikan apakah penyebab utamanya karena masalah di jantung, maka harus dilakukan pemeriksaan rekam jantung (EKG) dan ekokardiogram. Dari pemeriksaan tersebut maka dapat ditemukan penyebabnya sehingga dapat diperoleh penanganan yang tepat. Untuk mengurangi gejala jantung berdebar ini, Anda bisa melakukan olahraga yoga. Yoga dipercaya mampu mengendalikan stress dan melancarkan pernapasan. Lalu, hindari mengkonsumsi kafein, nikotin, dan narkoba.

Di dalam perut sebelah kanan terdapat organ lambung, usus kecil, usus besar, pankreas, hati, dan empedu. Jika terasa nyeri di perut sebelah kanan kemungkinan penyebabnya berasal dari organ-organ yang tadi disebutkan. Penyebab yang sering terjadi menimbulkan rasa nyeri di perut sebelah kanan yaitu radang usus buntu, cholangitis (peradangan saluran empedu), radang usus dua belas jari (duodenitis), kolesistitis (radang kantung empedu), hepatitis, dan batu empedu. Masing-masing penyakit tersebut memiliki gejala yang khas. Untuk memastikannya kembali, harus dilakukan pemeriksaan langsung, lab, dll ke dokter sehingga diperoleh penyebabnya karena apa dan dapat ditangani dengan tepat. Sementara Anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa sakit di perut Anda dan bisa dibantu dengan kompres air hangat di bagian yang sakit.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Serangan asma membutuhkan penggunaan inhaler secepat mungkin

Serangan Asma Butuh Pertolongan Pertama, Begini Caranya

Serangan asma bisa datang tak terduga dengan beragam pemicun, dari alergi hingga stres. Agar kondisi ini tidak mengancam jiwa, Anda perlu mempelajari langkah pertolongan pertama dengan saksama.