Sakit punggung saat bangun pagi, apa penyebabnya?

Y Info Penanya: Y, Pria, 37 Tahun
Pagi dok, Mau tanya dok, saya sering merasa sakit mendadak di sekujur tulang belakang setiap pagi. Namun, sering saya tahan dan perlahan-lahan rasa sakit hilang jelang siang dan di malam tidak terasa. Hal ini sudah saya alami hampir 4 bulan dengan rasa yang muncul dan hilang setiap hari. Kira-kira apa pemicunya ya dok, karena baik tempat tidur, posisi duduk dan tidur saya tidak merasakan ada kesalahan. Mohon diagnosanya juga dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AH.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Sakit punggung adalah sensasi rasa nyeri pada bagian punggung sepanjang tulang belakang yang meliputi leher hingga pinggul. Umumnya sakit punggung tidak disebabkan oleh hal-hal yang berbahaya dan dapat membaik dalam jangka waktu beberapa minggu hingga hitungan bulan.

Beberapa penyebab dari dari sakit punggung diantaranya adalah :

  • Otot dan ligamen yang mengalami tegangan karena postur tubuh yang kurang baik seperti cara berdiri, duduk, dan tidur serta posisi aktivitas tertentu seperti ketika mengankat barang
  • Gangguan pada bantalan tulang belakang
  • Radang sendi
  • Pengeroposan tulang
  • Kelainan bawaan pada tulang belakang
  • Riwayat cedera

Terkait dengan keluhan sakit punggung Anda yang dirasakan hanya pada pagi hari, namun tidak dirasakan adanya kesalahan pada tempat tidur, posisi duduk dan posisi tidur sebaiknya di evaluasi kembali karena terkadang kita masih tidak menyadari beberapa hal yang dapat berakibat kurang baik pada tubuh kita. Perlengkapan tidur seperti bantal pun dapat mempengaruhi. Jika memungkinkan Anda dapat mencari kasur yang lebih sesuai untuk tubuh, mempelajari posisi berdiri yang baik, yaitu tegak, dan posisi duduk saat bekerja. Ada baiknya Anda juga melakukan peregangan setiap beberapa jam sekali apabila waktu duduk Anda dalam sehari mendominasi aktivitas Anda.  

Tips yang dapat Anda lakukan antara lain :
  • Meluangkan waktu untuk berolahraga dengan teratur
  • Mengonsumsi suplemen vitamin B12
  • Mempelajari dan menerapkan postur tubuh yang baik, tidak hanya saat berdiri, saat duduk juga ketika tidur
  • Apabila nyeri sangat mengganggu Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas bergolongan asetaminofen
  • Mengonsumsi air rebusan kunyit

berikut saya lampirkan artikel lanjutan mengenai cara mengatasi sakit tulang belakang sebagai informasi tambahan.

Apabila setelah mencoba beberapa tips diatas, keluhan tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung kepada dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna menari akar penyebabnya sehingga penanganannya sesuai dengan akar penyebabnya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Punggung terasa panas menjadi salah satu masalah pada punggung yang cukup banyak dirasakan

7 Penyebab Punggung Terasa Panas yang Perlu Diwaspadai

Masalah punggung dialami oleh banyak orang, namun pernahkah Anda mengalami punggung terasa panas? Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari yang ringan hingga serius.