Kenapa mendadak sakit punggung?

N Info Penanya: N
Dok kenapa ya punggung saya sakit,padahal saya gak jatoh.. Mau bergerak sakit,gak enak badan saya dok..Kenap ya ini dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang N,

Sakit punggung merupakan keluhan yang sering dirasakan bila seseorang memiliki pekerjaan untuk duduk atau berdiri dalam jangka waktu lama. Misal pekerjaan sebagai kasir, pegawai IT, atau pekerjaan lain yang mengharuskan seseorang untuk duduk dalam waktu lama sering mengeluhkan nyeri pada punggung.

Selain kebiasaan duduk atau berdiri yang tidak benar, keluhan sakit punggung bisa disebabkan oleh :
  1. Postur tulang belakang yang tidak benar, misal kifosis, lordosis, atau skoliosis. Dimana bentuk tulang yang tidak normal ini akan sering menimbulkan kelelahan hingga sakit tergantung derajat berat ringannya kemiringan tulang.
  2. Kram otot. Kurangnya olahraga akan membuat otot mudah kram bila melakukan pergerakan yang mendadak misal bersin atau mengangkat beban berat.
  3. Saraf tulang belakang yang terjepit.
Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi keluhan sakit pada punggung Anda adalah :
  1. Biasakan duduk dengan postur tubuh yang benar, hindari membungkuk atau duduk dengan posisi tulang belakang miring.
  2. Lakukan olahraga secara teratur, minimal 30 menit setiap hari.
  3. Hindari mengangkat beban berat. Ketika mengangkat beban berat yang letaknya di lantai, usahakan angkat dalam kondisi jongkok dulu, hindari mengangkat berat dalam kondisi membungkuk.
  4. Lakukan peregangan ringan sekitar 5-10 menit, setiap Anda duduk 1 jam.
  5. Minum paracetamol untuk meredakan nyeri.
  6. Berendam atau kompres punggung yang sakit menggunakan air hangat.

Bila dalam 3 hari tidak ada perbaikan, maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Vina

 

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menerapkan posisi duduk yang benar saat bekerja di depan komputer akan membuat Anda terhindar dari sakit leher dan punggung

Seharian di Depan Laptop atau Komputer? Cek Posisi Duduk yang Benar

Ketika Anda merasa pegal saat berada di depan komputer, bisa jadi posisi duduk Anda salah. Posisi duduk yang benar memastikan tidak ada bagian tubuh tertentu yang mendapat tekanan terlalu besar atau otot yang diforsir kerjanya.