Sakit pada punggung kiri atas, apa penyebabnya?

Y Info Penanya: Y
Selamat malam dokterSdh beberapa hari ini saya sakit punggung sebelah atas pas belakang jantungKadang sampe ke pinggang belakangTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, Y.

Rasa sakit yang dirasakan pada punggung kiri bisa memiliki karakteristik yang berbeda, ada yang menekan, menusuk, atau terasa mengikat. Skala rasa sakit juga bervariasi, mulai dari ringan sampai berat. Ada beberapa penyebab yang mungkin menimbulkan kondisi ini, mulai dari yang ringan sampai cukup serius.

Pada punggung kiri atas, rasa sakit dapat disebabkan oleh:

  • Penjalaran sakit yang berasal dari jantung, karena adanya penyumbatan pembuluh darah
  • Peradangan selaput paru-paru (pleuritis)
  • Tuberkulosis paru
  • Kaku otot karena melakukan aktivitas yang terlalu berat, atau salah tidur
  • Peradangan atau infeksi pada tulang belikat

Apabila rasa sakit menjalar ke pinggang kiri, maka dapat juga berasal dari infeksi atau batu pada ginjal. Kemungkinan lainnya adalah penyempitan saraf tulang belakang, namun biasanya rasa sakit diawali dari bagian tengah punggung.

Untuk sementara, Anda disarankan banyak beristirahat dan menghindari gerakan atau tekanan yang melibatkan punggung dan pinggang kiri. Anda juga dapat mengonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas, seperti paracetamol sesuai dosis.

Apabila rasa sakit tak kunjung menghilang selama tiga hari ke depan, atau disertai dengan nyeri dada kiri, bahu, tulang rahang, atau lengan kiri, atau muncul sesak napas, segera periksakan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam. Nantinya, akan dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti rontgen, EKG, atau laboratorium, agar dapat diketahui penyebab pastinya dan diberikan penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyempitan jantung dapat menimbulkan komplikasi berbahaya bagi jantung

Memahami Gejala Penyempitan Jantung dan Faktor Risikonya

Penyempitan jantung atau aterosklerosis adalah kondisi di mana pembuluh darah jantung mengalami penyumbatan karena adanya plak. Sebelum terlambat, segera ketahui gejala dan cara mengatasinya.