Sakit pinggang setiap kali menahan buang air kecil, apakah normal?

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Siang dok, Akhir-akhir ini setiap kali saya menahan untuk buang air kecil, pinggang saya terasa sakit juga dok. Apakah ada gejala yang tidak baik di tubuh saya dok? Mohon pencerahannya dok. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Ketika urin sudah cukup banyak, maka tubuh akan mengeluarkan sinyal berupa keinginan untuk kencing. Bila keinginan ini ditahan, maka sesaat keinginan kencing tersebut akan hilang, dan kembali beberapa saat kemudian. Bila hal ini dilakukan secara terus menerus maka otot-otot di sekitar kandung kemih akan terus kontraksi sehingga menimbulkan kram otot di sekitar kandung kemih sehingga terasa nyeri di pinggang.

Selain itu kebiasaan menahan kencing akan menyebabkan infeksi saluran kemih, sfingter uretra menjadi lemah yang lama-lama tidak bisa menahan kencing, dan menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

Yang harus Anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal Anda adalah :
  1. Minum air putih minimal 2 liter per hari.
  2. Hindari kebiasaan menahan kencing.
  3. Kurangi konsumsi makanan dan minuman dengan pewarna.
  4. Hindari konsumsi obat diet yang dijual bebas, terlebih tidak ada nomer BPOM nya.

Bila nyeri pinggang tidak kunjung membaik, maka segera konsultasi dengan dokter urologi untuk pemeriksaan lebih lanjut seperti cek urin, foto rontgen atau USG.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara Diet Air Putih yang Aman untuk Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan Dengan Diet Air Putih, Amankah?

Diet air putih adalah salah satu cara menurunkan berat badan dengan metode hanya mengonsumsi air putih, dan tidak mengonsumsi makanan maupun minuman lainnya, selama beberapa hari.