23 Jun 2021, 09:41Saraf

Sakit pungung bawah dan kesemutan, kenapa?

SN
Info Penanya: SN0
Dok saya mau tanya, perut terasa penuh seperti memakai korset, punggung bawah seperti terbakar, dan juga kesemutan di seluruh tubuh, itu pertanda penyakit apa? Apakah sarafnya ada yg terjepit?
112 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, STerima kasih atas pertanyaan AndaSakit punggung bawah bisa dirasakan seseorang secara terus-menerus ataupun hilang timbul. Keluhan ini, bisa disertai dengan gejala penyerta seperti rasa kesemuta, nyeri yang menjalar ke kaki dan lain sebagainya ataupun tanpa diserati dengan gejala penyerta.

Di bawah ini adalah beberapa kemungkinan penyebab sakit punggung bawah:

  • Saraf terjepit atau hernia nukleus pulposus (HNP)
  • Masalah tulang belakang yang lainnya
  • Nyeri otot
  • Radang sendi
  • Osteoporosis
  • Kondisi medis yang lainnya
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, salah satu penyebab dari keluhan yang Anda rasakan salah satunya bisa karena keadaan yang disebutkan di atas. Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda ini, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat, selain dilakukan seragkaian pemeriksaan fisik, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksana sinar x ataupun MRI bilamana diperlukan. Sehingga Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebab nyeri punggung bawah yang terjadi pada Anda.Usahakan Anda tidak kelelahan, lakukan istirahat cukup, pastikan Anda duduk dengan postur tubuh yang benar, konsumsi makanan sehat dan bergizi, dan minum air cukup.Semoga bermanfaat.

Salam sehat, dr. Dwiana A
sakit punggungmasalah sarafsaraf tulang belakang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil