05 Feb 2021, 18:13Saraf

Apa yang menyebabkan sakit pinggang hingga kaki ?

VO
Info Penanya: VO0
Hallo dokter. Saya dari sekitar 4-5 tahun lalu tiba-tiba sakit pinggang sampai kaki. Rasanya ngilu, pegel, nyeri, linu sampai panas. Tetapi tidak ada kesemutan. Sudah mencoba terapi fisik, filates, renang, suntik, minum obat, terapi tulang dll tapi sampai sekarang masih sakit. Pernah di MRI tapi dokternya tidak menjelaskan dengan jelas sebenarnya sakit kenapa. Kadang sakitnya sampai terlalu sekali. Dari awal tiba-tiba sakit belum pernah reda rasa sakitnya sampai sekarang. Kenapa ya? Terimakasih
9221 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, V.Sakit pada pinggang dapat disebabkan oleh banyak hal dimana salah satunya gangguan dapat disebabkan oleh saraf terjepit akibat benturan pada tulang belakang, dimana penjepitan saraf yang treus menerus akan menyebabkan rasa nyeri, mati rasa, kesemutan, kelemahan pada kedua tungkai, gangguan berkemih, dan ganggaun pencernaan.

Apa yang menyebabkan sakit pinggang hingga kaki ?

Selain karena penjepitan saraf tulang belakang oleh benturan, maupun pengapuran tulang, sakit pinggang hingga kaki yang Anda rasakan selama bertahun-tahun dapat disebabkan oleh batu ginjal dimana batu ginjal terjadi karena penumpukan kristal asam urat, kalsium, struvit dan sistin. Gejala yang dialami oleh penderita batu ginjal adalah rasa sakit yang teramat sangat ketika batu menekan saraf. Keluhan muncul hilang timbul. Keluhan batu ginjal dapat diikuti rasa nyeri di pinggang, gangguan berkemih, maupun kencing terlihat merah dan berpasir.Selain itu sakit pinggang hingga ke kaki dapat disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar bisa karena tekanan darah tinggi, gula darah tidak terkontrol, dan penumpukan kolesterol.Pemeriksaan MRI akan membantu dokter mendiagnosa suatu penyakit karena pemeriksaan MRI memberikan gambaran yang lebih jelas terhadap organ, tulang, maupun pembuluh darah. Hasil pembacaan MRI dilakukan oleh dokter radiologi dan diperjelas oleh dokter spesialis saraf yang memeriksa Anda. Untuk itu, lakukan pemeriksaan kesehatan ulang, baik pemeriksaan fisik maupun penunjang. Jaga kesahatan, dan terus aktif berolahraga.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
masalah sarafsaraf terjepitcedera saraf tulang belakang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil