Sakit pinggang, apa saja penyebabnya?

DS Info Penanya: DS
Dok mau tanya saya ini kerja di kantor dlm posisi duduk 9-11 jam perhari , lalu sudah 2 minggu ini kena ac terlalu over. Hanis tu saya pilek batuk dan skrg sakit pinggang gmn ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D.


Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Nyeri pinggang adalah suatu kondisi yang sering terjadi di banyak orang dan akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau beberapa bulan. Biasanya rasa nyeri ini dirasakan dari punggung hingga ke daerah pinggul. Gejala yang sering muncul adalah rasa sakit pada punggung yang menusuk dan menjalar ke kaki, terkadang tidak dapat berdiri dengan tegak, kemampuan untuk bergerak pun berkurang.

Penyebab dari nyeri pinggang sendiri adalah:

  • Adanya peregangan otot atau ligamen yang diakibatkan dari mengangkat benda berat yang berulang kali sehingga menyebabkan kejang otot.
  • Terjadinya pergeseran atau pecahnya diskus (bantalan tulang).
  • Radang sendi seperti penyakit osteoartritis dapat membuat nyeri pinggang dan bahkan dapat membuat stenosis tulang belakang.
  • Tulang belakang yang abnormal seperti skoliosis dapat menimbulkan rasa nyeri pada punggung.
  • Fraktur kompresi apabila tulang mudah keropos dan gampang rapuh.

Nyeri pinggang juga dapat meningkat pada orang-orang yang memiliki faktor resiko seperti usia 30-40 tahun, tidak rutin berolahraga, obesitas, mengangkat beban dengan teknik yang salah, merokok, dan masalah psikologis.

Namun, nyeri pinggang ini bisa diatasi dengan obat pereda nyeri. Selain itu, Anda juga bisa memakai es untuk kompres pada daerah yang nyeri. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan untuk memperbaiki postur tubuh Anda. Jika rasa nyeri ini sudah mengganggu aktivitas Anda, saya sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf agar dapat diperiksa dengan baik dan diberikan tatalaksana yang tepat. Untuk gejala lain yang Anda alami yaitu batuk dan pilek, Anda dapat mengatasinya dengan banyak mengonsumsi air hangat atau air jahe dengan daun mint. Atau Anda juga bisa mengonsumsi obat batuk pilek sesuai dengan dosis obat yang diberikan oleh dokter.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tindakan yang dilakukan dalam kajian neurologi adalah elektroensefalografi

Mengenal Neurologi, Ilmu tentang Saraf Manusia yang Kompleks

Neurologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang khusus membahas soal sistem saraf manusia. Penyakit yang dibahas dalam neurologi adalah epilepsi hingga ALS.