sakit pinggang paha lutut belakang sampai betis

KA Info Penanya: KA, Pria, 30 Tahun
Dokter...sya ingin bertanya...sudah 1 minggu in sya merasakan sakit yg amat sangat pada pinggang,paha,lutut belakang sampai KE betis,,,sampai sya sangat amat susah tidur,,....sakit ini mendadak,padahal sya tdk Ada bekerja keras sebelomnya...mohon penjelasannya... trimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam KA

Sakit pinggang ke paha lutut hingga belakang betis dapat menjadi tanda kompresi saraf tulang belakang akibat pecahnya bantalan sendi tulang belakang yang disebut sebagai Hernia nucleus pulposus (HNP). Kondisi ini menyebabkan nyeri menjalar dari pinggang disertai rasa panas dan kebas hingga ke tungkai bawah. Nyeri juga dapat memberat saat melakukan aktivitas seperti mengangkat beban dan berjalan. 

Saya sarankan agar anda melakukan istirahat berbaring, hindari mengankat beban berat dan aktivitas berat. Jika nyeri dapat dicoba lalukan kompres dingin atau menggunakan krim mentol dingin pada pinggang. Untuk nyeri dapat menggunakan obat antinyeri NSAID dan obat antinyeri neuropatik seperti gabapentin atas indikasi dari dokter. 

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf untuk masalah sakit pinggang ini

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengenali penyebab sakit pinggang pada lansia bisa membantu Anda menemukan perawatan yang tepat

Kenali Paget’s Disease, Salah Satu Penyebab Sakit Pinggang pada Lansia

Ada beragam penyebab sakit pinggang pada lansia. Salah satunya adalah paget’s disease. Jarang didengar, penyakit ini sebenarnya memiliki ciri yang cukup khas, seperti perubahan bentuk kaki, maupun tangan menjadi lebih bengkok.