sakit pinggang pada usia 28 tahun

SR Info Penanya: SR, Wanita, 27 Tahun
Saya wanita berumur 28thn, sering skit pinggang .sakitx sangat menusuk. Apakah osteoporosis atau penyakit lain?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SR

Kondisi sakit pinggang pada wanita dewasa dapat disebabkan beberapa penyakit seperti infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, nyeri otot mialgia, nyeri kompresi bantalan sendi tulang belakang HNP dan infeksi radang panggul.

Pada nyeri pinggang akibat infeksi saluran kemih biasanya nyeri disertai nyeri gangguan BAK, demam, BAK merah dan mual muntah. Sementara pada batu biasanya memiliki keluhan yang sama namun disertai keluar kencing berpasir. 

Sementara pada nyeri otot mialgia low back pain dapat terjadi akibat kekakuan otot, selain itu aktivitas kurang olahrada, obesitas, diabetes dapat memicu keluhan nyeri pingga ini. Nyeri pinggang belakang akibat otot dapat dihilangkan dengan istirahat, kompres es, krim mentol dan obat anti nyeri NSAID dari dokter.

Nyeri radang panggul juga dapat membuat sakit pinggang, kondisi ini terjadi akibat infeksi masuk ke dalam organ panggul dari alat kelamin naik ke vagina dan rahim. 

Saya sarankan anda untuk perbanyak minum air, istirahatkan pinggang, lakukan olahraga rutin dan konsultasikan masalah anda dengan dokter spesilasi penyakit dalam Sp.PD

Salam sehat

dr.Zulham

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penis yang tidak disunat dapat meningkatkan risiko kanker penis

Tidak Mau Disunat? Siap-Siap Terkena Fimosis dan 3 Penyakit Penis Ini

Penis yang disunat maupun tidak, memiliki fungsi yag sama. Namun, penis yang tidak disunat akan memunculkan berbagai dampak negatif, salah satunya meningkatkan risiko kanker penis.