02 Jun 2020, 18:08Saraf

Sakit pinggang hingga lutut, karena apa ?

DW
Info Penanya: DW, Wanita, 19 Tahun
Selamat sore dok, saya ingin bertanya, mama saya sudah seminggu ini mempunyai keluhan sakit pinggang hingga lutut sebelah kanan dan kiri sehingga untuk jalan amat terasa sakit dan nyeri, penyebabnya karena apa ya dok? dan diobati dengan apa? Terima kasih.
27590 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Rahmita Dewi
(0)
Selamat sore, DW.Sakit pinggang adalah adalah sensasi nyeri yang umumnya dirasakan pada tulang belakang bagian bawah. Sakit pinggang yang tidak terlalu parah umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam hitungan minggu hingga bulan. 

Adapun beberapa penyebab dari sakit pinggang yang umum terjadi, diantaranya adalah :

  • regangan berlebih pada otot dan ligamen
  • gangguan pada bantalan tulang yang mengakibatkan saraf terjepit 
  • perdangan pada pesendian
  • rangka tulang yang abnormal
  • adanya cedera (fraktur)
Menganai keluhan yang dialami oleh Ibu Anda, sakit pinggang yang menjalar mungkin disebabkan karena adanya gangguan seperti salah satu faktor diatas yang kemudian mengenai saraf disekitarnya. Untuk memastikan diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti foto rontgen lumbal (pinggul), MRI atau CT-Scan.Untuk sementara Anda dapat membantu Ibu Anda dengan memberikan kompres hangat bergantian dengan kompres dingin di bagian yang nyeri, mengoleskan krim capcaisin yang dapat dibeli di apotek, memberikan air rebusan kunyit serta mengonsumsi obat nyeri bergolongan asetaminofen yang dapat dibeli dengan bebas di apotek.Jika keluhan berlanjut, periksakanlah Ibu Anda secara langsung ke dokter Spesialis Saraf.Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.Salam sehat,dr. Rahmita Dewi
masalah tulangmasalah sarafsakit pinggang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil