17 Dec 2020, 00:31Kandungan

Penyebab keputihan yang tidak normal

RR
Info Penanya: RR0
Malem dok saya baru aja selesai haid seminggu yang lalu tapi kenapa sekarang pinggang saya sering sakit dan keputihan banyak Mohon solusi nya dok
1270 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo R,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Keputihan merupakan gejala yang sering dialami oleh wanita. Keputihan ini dapat berupa keputihan normal jika keputihan muncul saat menjelang haid dan setelah haid selesai, keputihan akibat kelelahan dan stress, keputihan saat ada rangsangan seksual. Keputihan yang normal ditandai dengan keluarnya cairan berwarna bening kekungingan yang tidak gatal maupun berbau.

Penyebab keputihan yang tidak normal

Penyebab keputihan yang tidak normal antara lain :
  • Keputihan karena infeksi jamur yang ditandai dengan keputihan banyak bergumpal-gumpal seperti tahu atau susu, yang sangat gatal dan berbau.
  • Keputihan karena chlamydia atau penyakit menular seksual.
  • Keputihan akibat bakterial vaginosis karena berhubungan seksual.
  • Keputihan karena KB IUD.
Keputihan yang tidak ditangani secara baik maka akan menyebabkan infeksi pada saluran kemih yang memberikan gejala nyeri pada perut bagian bawah dan pinggang, disertai nyeri saat berkemih, kencing berwarna keruh, dan dapat diikuti demam. Untuk itu, jika Anda mengalami keputihan yang banyak, segera ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksaan lebih lanjut. Untuk semantara, Anda dapat mengompres hangat serta pijat ringat pada bagian pinggang yang sakit. Konsumsi parasetamol 3 x 500 mg sesudah makan jika nyeri tidak berkurang. Tetap jaga kebersihan organ intim dengan mengganti pakain dalam minimal 2 kali sehari, dan keeringkan vagina setelah cebok menggunakan handuk lembut.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr. Lidya hapsari."
kontrasepsikeputihansakit pinggang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil