Apakah penyebab nyeri perut yang menjalar ke pinggang?

TT Info Penanya: TT, Wanita, 1 Tahun
Mlm dokter,,sy ibu etin,sedikit bertanya,,sy sblmnya merasa skt perut dibag kanan bawah dokter,,nah lanjut dipinggang bag kanan jg,,,knp ya dokter???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, E

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Nyeri pada perut adalah kondisi dimana muncul rasa sakit dan tidak nyaman pada area perut baik secara tiba-tiba, hilang timbul ataupun terus menerus. Nyeri pada perut ini bisa dirasakan pada pria maupun wanita dari berbagai kalangan usia. Keadaan ini bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi medis.

Adapun beberapa kondisi yang bisa menyebabkan nyeri pada area perut bawah diantaranya yaitu:

  • Adanya gangguan pada sistem pencernaan
  • Adanya gangguan pada sistem saluran kemih, seperti adanya batu saluran kemih, adanya infeksi saluran kemih, dan lain sebagainya
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita seperti adanya kista ovarium, kehamilan diluar rahim, endometriosis, dan lain lain
  • Adanya radang pada usus buntu (appendisitis)
  • Adanya radang panggul (pelvic inflamatory disease)
  • Adanya masalah pada otot, tulang dan atau sendi sekitar

Terkait dengan apa yang Anda rasakan, untuk dapat memastikan penyebab pastinya perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Oleh karena itu, sebaiknya segeralah periksakan diri Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat. Bila diperlukan, dokter spesialis penyakit dalam mungkin akan memberikan rujukan kepada dokter spesialis yang lainnya.

Beberapa tindakan sementara yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara lakukan kompres hangat pada area yang dirasa nyeri, mencukupi kebutuhan cairan harian Anda, konsumsi makanan sehat dan bergizi, hindari kelelahan dan lakukan istirahat cukup, jaga kebersihan diri, serta lakukanlah olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menelan permen karet tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan serius

Mitos atau Fakta: Menelan Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?

Banyak mitos seputar menelan permen karet. Menelan permen karet memang bukanlah hal yang direkomendasikan. Tapi, bukan berarti hal ini bisa menimbulkan bahaya.