Sakit pinggang bagaimana penanganannya?

D Info Penanya: D, Pria, 40 Tahun
Dok mau nanya kalau sakit pinggang sebaiknya ke chiropractor atau ke tukang pijit?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, D

Terima kasih atas pertanyaannya.

Apakah nyeri pinggang akibat cedera atau olahraga? Pada dasarnya keduanya serupa, bedanya pada latar belakang pendidikannya. Chiropractor dari dunia barat sedangkan tukang pijit dari pengalaman dan didikan lokal. Keduanya termasuk ke dalam terapi fisik untuk mengatasi nyeri. Tapi tergantung penyebabnya juga, nyeri pinggang akibat radang saluran kencing kemungkinan tidak sesuai untuk terapi tersebut.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan sendiri seperti mengurangi aktivitas fisik dan memberi kompres dingin saat terjadi nyeri. Selanjutnya kompres hangat untuk melemaskan otot. Kadang berbaring terlentang malah membuat nyeri, coba berbaring kesamping dengan lutut ditekuk dan ditaruh bantal di bawah kaki. Atau bila bisa terlentang coba taruh bantal di bawah kedua paha.

Selain obat-obatan yang bisa diberikan oleh dokter, biasanya juga menganjurkan terapi fisik seperti pijat, peregangan, penguatan otot, manipulasi punggung dan tulang punggung. Bisa saja Anda dikonsulkan dengan Dokter Spesialis Fisioterapi dan Rehabilitasi Medik agar terapinya dapat dimonitor. Berikut artikel mengenai cara mengobati sakit pinggang di rumah yang bisa Anda pelajari.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Melakukan pelvic tilts dapat mengatasi sakit pinggang, serta memperkuat otot pinggang perut dan otot tungkai

Usir Rasa Sakit Pinggang yang Mengganggu dengan Gerakan-gerakan Ini

Sakit pinggang dapat diatasi dengan melakukan gerakan latihan tubuh, seperti pelvic tilts dan eksistensi pinggang. Gerakan itu dapat meredakan sakit pinggang, serta memperkuat otot pinggang perut dan otot tungkai.