08 Sep 2021, 06:21Penyakit Lainnya

Hidung keluar lendir kuning dan darah

SS
Info Penanya: SS0
Assalamualaikum dok, selamat pagi. Saya ingin bertanya apakah pilek yg mengeluarkan lendir kuning serta bercak darah itu tidak apa-apa namun bercak darah itu keluar setiap lendir berwarna kuning saja dok sedangkan waktu lendir berwarna bening tidak ada bercak darah seperti itu. Lalu rasanya setiap saya mengeluarkan ingus kuning beserta bercak tadi rasanya gatal di sekujur hidung dok.
175 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam SSHidung selalu dibasahi dengan lendir untuk tetap menjaga kelembapan dan menghangatkan suhu udara yang dihirup serta mencegah berbagai kotoran masuk ke dalam. Lendir bila lendir berjumlah cukup banyak maka bisa menjadi tanda adanya masalah pada hidung.

Penyebab Lendir Kuning Disertai Darah Dari Hidung

Lendir yang kental dan kuning dari hidung menandakan adanya infeksi bakteri pada kelenjar hidung (rhinitis) atau rongga sinus (sinusitis). Hal ini awalnya bisa disebabkan karena adanya alergi, iritasi, luka karena sering mengorek hidung, infeksi sekunder atau tertular infeksi dari orang lain. Kondisi ini bisa disertai dengan gejala demam, hidung bau, pipi nyeri, hidung gatal, hidung tersumbat, pusing atau sakit kepala dan lemas. Saat adanya peradangan, pembuluh darah di dinding hidung bagian dalam menipis dan bisa sangat rentan mengalami pendarahan. Hal ini juga bisa dipicu kebiasaan mengorek hidung, benda asing dalam hidung, bersin yang kencang, udara dingin dan kering atau mengeluarkan lendir yang terlalu kuat. 

Mengatasi Lendir Kuning Disertai Darah Dari Hidung

Dalam hal ini sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter THT agar dapat diobati seusai dengan kondisi anda. Pengobatan dapat diberikan berupa antibiotik, dekongestan, mukolitik atau pengencer lendir dan antipiretik bila demam.Sementara anda bisa mencoba melakukan beberapa usaha untuk meredakan lendir kuning disertai darah. Hal-hal yang bisa diusahakan meliputi:
  • melakukan cuci hidung dengan larutan Nacl
  • segera ke UGD terdekat bila perdarahan dari hidung cukup banyak dan tidak berhenti
  • hindari bersin yang kuat atau mengorek hidung
  • minum air hangat dan menghirup uap air panas
  • udara ruangan jangan terlalu dingin dan gunakan pelembap ruangan (humidifier)
  • konsumsi obat secara teratur sesuai arahan dokter
  • makan banyak buah, sayur dan tinggi protein untuk pemulihan, bisa ditambahkan multivitamin
  • melakukan olahraga ringan
  • menjauhi rokok, asap pembakaran atau debu
Semoga bermanfaat salam sehatdr. Pany
sinusitispilekhidung berdarahrhinitis alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil