23 May 2021, 00:21Perut

Apakah sebab kram perut setelah menstruasi?

AI
Info Penanya: AI0
Halo dok saya mau tanya, setiap selesai menstruasi kira2 1 minggu setelahnya saya mengalami sakit perut yang kadang berpindah tempat, kadang kanan bawah, kiri bawah, bawah rusuk kanan & bawah rusuk kiri. Sakitnya cuma 1 hari saja dok. Ini terjadi setiap bulannya. Kenapa gitu yah dok?
75 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, AITerima kasih atas pertanyaannya.Sakit perut setelah menstruasi dinamakan sebagai dismenore.  Dismenore dapat terjadi sebelum, saat, dan sesudah menstruasi.  Hal ini dipengaruhi oleh faktor hormonal saat mengalami menstruasi. Selain karena dismenore, sakit perut juga dapat dialami pada beberapa kondisi.

Penyebab kram perut selain karena menstruasi :

  • Asam lambung yang naik umumnya akan disertai dengan mual, muntah, perut kembung, sendawa, serta rasa tidak nyaman di perut dan dada.
  • Infeksi di perut akibat gangguan pencernaan bisa karena faktor keracunan, pola makan kuran gbaik, serta infeksi usus.
  • Tarikan otot perut atau kram otot.
  • Infeksi di saluran kemih.
Bila hal ini terjadi hanya setiap selesai menstruasi maka kemungkinan karena faktor dismenore yang terjadi setelah menstruasi ataupun asam lambung yang naik.  Sementara ini anda dapat perbanyak minum air putih, hindari begadang, istirahat cukup, atur pola makan sehat dan bergizi, lakukan kompres handuk hangat pada bagian yang selalu nyeri, minum obat pereda nyeri jika sakit sekali. Apabila anda khawatir dengan sakit yang terjadi tidak ada salahnya periksa ke dokter spesialis kandungan untuk pengecekan rahim apakah terdapat masalah atau keluhan anda hanya karena faktor hormonal saja. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
asam lambungkram ototmasalah pencernaangerdkram menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil