Sakit perut tiba-tiba dan berulang-ulang

HW Info Penanya: HW, Wanita, 19 Tahun
Halo dok kenapa ya perut tiba² sakitt dan berulangulang
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HW,

Sakit perut sangatlah kompleks dikarenakan banyaknya organ yang berada di dalam rongga perut yang bisa saling berkaitan ataupun tidak berkaitan tetapi menimbulkan nyeri di area yang sama. Untuk itu perlu lebih diperhatikan di lokasi mana sakit perut muncul, karakter sakit perut dan gejala lain yang menyertainya. Perhatikan juga apa yang memicu sakit perut seperti misalnya pasca mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, pasca aktivitas tertentu, melewatkan waktu makan dan lainnya. 

Yang paling sering sendiri sakit perut bisa timbul karena penyakit maag, diare, iritasi usus, penyakit asam lambung, ataupun penyebab lain. Untuk sementara yang bisa dilakukan adalah mencegah sakit perut datang dengan makan secara teratur, hindari makanan dan minuman pemicu iritasi seperti makanan berlemak, pedas, asam ataupun minuman berkafein atau bersoda. 

Periksakan diri pada dokter jika keluhan sering kali berulang agar dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menelan permen karet tidak akan menimbulkan gangguan kesehatan serius

Mitos atau Fakta: Menelan Permen Karet Berbahaya Bagi Tubuh?

Banyak mitos seputar menelan permen karet. Menelan permen karet memang bukanlah hal yang direkomendasikan. Tapi, bukan berarti hal ini bisa menimbulkan bahaya.