Sakit perut setelah berhubungan, apakah hamil?

F Info Penanya: F
Sakit perut setelah haid dan sebelumnya berhubungan seks, badan linu,lemas,mulas,serta pendarahan pada vagina serta mengeluarkan gumpalan daging,saya ini kenapa dok terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, F 

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Sakit perut bisa dirasakan oleh berbagai kalangan usia baik pada pria maupun pada wanita. Terkait dengan sakit perut pada wanita, bisa disebabkan oleh berbagai macam kondisi, seperti adanya ketegangan otot atau bahkan adanya cedera otot apda area perut, adanya masalah pada sistem pencernaan, adanya masalah pada saluran kemih, atau bahkan karena adanya masalah pada organ reproduksi wanita. Sakit perut setelah berhubungan dapat disebabkan oleh beberapa kondisi.

Adapun beberapa penyebab sakit perut setelah berhubungan adalah:

  • Adanya reaksi emosional
  • Riwayat dilakukan penetrasi yang terlalu intens /dalam
  • Efek dari orgasme
  • Adanya gas / angin
  • Adanya infeksi saluran kemih

Tanda pasti dari kehamilan adalah adanya hasil positif dari tes kehamilan yang bisa Anda lakukan secara mandiri (test pack), hasil pemeriksaan fisik diagnostik oleh dokter serta hasil pemeriksaan USG kehamilan yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan. Terkait dengan keluarhnya darah atau gumpalan yang besar disertai nyeri perut, dikhawatirkan terjaidnya keguguran (bila mana hasil tes kehamilan positif). Keguguran atau dalam istilah medis disebut dengan abortus terdiri dari 4 jenis yaitu abortus imminens, abortus insipien, abortus inkomplit dan abortus komplit. 

Untuk itu, disarankan bagi Anda untuk melakukan tes kehamilan yang diikuti dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan terdekat agar diketahui penyebab pastinya dan diberikan penatalaksanaan yang sesuai.

Konsumsilah makanan bergizi seimbang, hindari stres dan kelelahan, lakukanlah istirahat cukup.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

manfaat anal sex tidak sebanding dengan risikonya

Masih Tabu dan Kontroversial, Adakah Manfaat Anal Sex?

Terlepas dari pembahasan soal hukumnya secara agama, ada banyak orang yang penasaran dengan seks anal atau anal sex. Ada yang menyebut salah satu manfaat anal sex – atau kelebihannya – adalah bisa menyebabkan orgasme dengan cara yang jauh berbeda. Penyebabnya tak lepas dari banyaknya saraf sensitif di anus dan terhubung ke organ seksual.