22 Jul 2020, 09:44Perut

Apakah penyebab nyeri perut saat sedang menstruasi?

I
Info Penanya: I, Wanita0
Assalamualaikum dok.umur saya 16 th.Sya mau bertanya saya akhir2 ini sakit perut disebelah kiri,saya sedang datang bulan,tetapi datang bulan yg lalu saya tidak sama sekali mengalami sakit perut disebelah kiri. Tapi sakit perut sebelah kiri,bisa juga muncul secara tiba2 dan ini hanya sebentar saja,dan bisa hilang sendiri.tetapi bisa muncul lagi kalau saya tidur malam dengan banyak sekali bergerak.dan bisa sembuh dengan sendirinya.Apakah itu berbahaya dok?mohon penjelasannya?
20728 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, ITerima kasih atas pertanyaan AndaNyeri perut adalah perasaan tidak nyaman pada area perut bisa disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari nyeri otot pada sekitar area perut karena adanya riwayat benturan / cedera / aktivitas yang berlebih, adanya masalah pada sistem pencernaan, adanya masalah pada saluran kemih, atau bahkan karena adanya masalah pada sistem reproduksi wanita.Menstruasi adalah kondisi yang dialami wanita secara rutin sejak masa remaja hingga menjelang masa menopausenya. Pada sebagian orang, seringkali pada saat atau menjelang menstruasi disertai rasa nyeri pada perut. Kondisi ini bisa merupakan hal yang wajar, namun bisa juga disebabkan oleh kondisi medis tertentu yang memerlukan pemeriksana dan pengobatan.

Adapun beberap apenyebab nyeri perut tersebut diantaranya adalah:

Keluhan nyeri saat atau menjelang menstruasi ini kerap kali dirasakan wanita dengan usia diawah 20 tahun, wanita yang mengalami masa puber sebelum usia 11 tahun (pubertas dini), wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak rutin, wanita yang belum pernah melahirkan dan lain sebagainya.Untuk dapat memastikan penyebabnya, periksakanlah diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat. Tindakan yang dapat Anda lakukan saat ini adalah dengan menghindari stres dan kelelahan, kompres area perut yang nyeri dengan handuk yang sudah di basahi dengan air hangat / botol berisi air hangat, konsumsi makanan sehat dan bergizi, perbanyak sayur dan buah-buahan, serta lakukan olahraga ringan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
sakit perutkram menstruasiperutpremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil