Sakit perut sebelah kiri dan ada cairan di pleura, mengapa?

NW Info Penanya: NW, Pria, 39 Tahun
Selamat siang Dok, Ibu saya menderita sakit perut bagian kiri bawah menjalar ke belakang sebelah kiri sampai dada bagian kiri sakitnya seperti di tusuk-tusuk, dan terdapat benjolan pada perut jika ditekan terasa lembek setelah USG oleh dokter terdapat cairan dan berdasarkan hasil ronsen terdapat cairan pada pleura oleh dokter dikatakan kalau ibu sanya menderita TBC paru. Kemudian beliau diberi obat TBC warna merah. Setiap kali beliau meminum obatnya perutnya terasa sangat nyeri, mual dan muntah. Jadi yang saya tanyakan apakah ini efek samping dari obat tersebut, dan apakah rasa nyeri ini diakibatkan oleh penyakit TBC paru ataukah ada penyakit lain selain TBC. Demikian dan terima kasih Dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak NW,

Penegakkan Diagnosa TBC paru pada orang dewasa, setidaknya dapat dilakukan oleh Dokter berdasarkan modifikasi dan panduan pada hasil laboratorium sbb :

  1. Pemeriksaan kuman BTA (Batang tahan Asam) yang menunjukan hasil positif dari dahak tersangka.
  2. Hasil kultur dahak menunjukan hasil positif
  3. Gambaran hasil Rontgen dada menunjukan adanya lesi TBC aktif atau tidak aktif dan menetap dalam foto serial (Rontgen foto yang diulang dalam bulan berikutnya).

Bila menurut informasi dari Bapak, penegakkan Diagnosa TBC hanya baru berdasarkan pemeriksaan rontgen foto dada, maka saran kami sebaiknya diskusikan kembali dengan Dokter untuk melakukan pemeriksaan BTA dan biakan dahak (bila diperlukan) untuk meyakinkan.

Memang adanya cairan pada paru-paru dan pleura bisa saja merupakan tanda adanya proses spesifik atau TBC tapi bukan satu-satunya penyebab.

Sakit perut sebelah kiri bawah, kemungkinan dapat disebabkan karena divertikulitis (infeksi pada selaput pembungkus usus), pelvic pain (gangguan pada bagian kandungan contohnya ovarium dan tuba falopi), hernia inguinale dll.

Bila teraba adanya benjolan atau massa pada bagian perut, maka sebaiknya dicurigai adanya tumor atau kista. Hal ini sangat perlu diperiksa lebih lanjut.

Jadi menurut kami ada 2 hal yang harus dipastikan kembali yaitu penyebab adanya cairan di plura dan sakit perut sebelah kiri bawah ditambah adanya massa yang teraba. Sebaiknya Bapak membawa Ibunda untuk mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam (SpPD) lainnya untuk minta pendapat kedua atau dapat juga mengunjungi Dokter Spesialis Paru (SpP) dan Dokter Spesialis Interna Sub Spesialis Konsultan Gastro Entero Hepatologi (KGEH) supaya dapat diperiksa lebih lanjut.

Mengenai keluhan yang dialami saat minum obat sebaiknya dibicarakan dengan Dokter dan sebaiknya tunggu sampai penegakkan Diagnosa TBC sudah pasti baru pengobatan TBC dapat diikuti. Diskusikan dengan Dokter untuk menggantikan dengan jenis obat anti TBC lain bila satu jenis obat menimbulkan keluhan yang tidak dapat diatasi.

Salam Sehat

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering kentut bisa menjadi gejala dari adanya gangguan pencernaan tertentu

8 Kondisi yang Menyebabkan Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut adalah hal yang normal karena merupakan bagian dari berjalannya proses pencernaan. Akan tetapi, sering kentut bukan saja menimbulkan ketidaknyamanan. Kondisi ini juga bisa jadi pertanda dari gangguan pencernaan tertentu.