Sakit perut sebelah kanan

NG Info Penanya: NG, Pria, 2019 Tahun
Kenapa perut sebelah kanan setiap malam sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, NG

Sakit perut sebelah kanan dapat disebabkan beberapa kondisi seperti usus buntu/appendisitis, hepatitis/radang hati, batu empedu, infeksi saluran kemih, atau batu saluran kemih. 

Pada usus buntu, biasanya nyeri sebelah kanan bawah disertai mual, muntah, nyeri ulu hati menjalar ke perut kanan bawah, lemas dan demam. Pada kondisi usus buntu yang pecah dapat terjadi peritonitis atau radang peritonium yang merupakan kondisi gawat darurat dan harus operasi.

Pada hepatitis, biasanya nyeri perut kanan bagian atas disertai mual dan muntah, terkadang diikuti mata kuning. Pada batu empedu juga demikian.

Pada infeksi, akibat adanya kuman pada saluran kemih dari kandung kemih hingga ginjal. Biasanya nyeri perut diserta demam, mual muntah dan BAK terasa nyeri. Jika pada batu saluran kemih juga terdapat keluhan nyeri perut dan gangguan BAK seperti: BAK berpasir dan BAK merah.

Saran saya anda segera berkonsultasi dengan dokter umum untuk evaluasi sumber nyeri perut sebelah kanan, jika terdapat usus buntu atau batu empedu anda mungkin perlu mendapatkan tatalaksana bedah dengan dokter spesialis Bedah.

Salam Sehat

dr. Zulham

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran perkemihan yang dapat menyerang kandung kemih, ginjal, dan saluran penghubungnya. Konsumsi obat antibiotik, perawatan di rumah sakit, banyak minum air putih, dan hindari kebiasaan menunda buang air kecil merupakan cara mengobati sekaligus mencegah agar infeksi saluran kemih tidak berujung pada komplikasi.