Saya sedang hamil kenapa sering sakit punggung dan sakit perut?

IB Info Penanya: IB, Wanita, 2020 Tahun
Selamat pagi dok, saya mau tanya?. Saya hamil 3 bulan. Terus beberapa hari ini punggung sya sebelah kiri sakit menjalar ke perut bagian kiri juga. Sakitnya ngga kaya nyeri biasa dok, kaya sedut sedut gitu. Terus klo jalan sya jd agak susah karena perutnya sakit, kayak nahan gitu. Itu kenapa ya dok?? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi IB,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Kehamilan membuat tubuh banyak mengalami perubahan, beberapa diantaranya perubahan hormon dan otot panggul, hal ini menyebabkan Anda sakit punggung. Sakit punggung yang terjadi biasanya di bagian pnggung dan punggung bagian bawah. Beberapa Penyebabnya adalah perubahan hormon, pertambahan berat badan, pertumbuhan janin, perubahan postur tubuh, stress

Cara mengatasi sakit punggung saat hamil bisa dengan : pijat secara perlahan di bagian bawah dan seluruh punggung, kompres punggung dengan air hangat, perbaiki postur tubuh coba untuk tidak sering membungkuk, olahraga yang bisa memperkuat dan meningkatkan kelenturan dan kekuatan otot.

Sakit perut atau kram perut pada saat hamil juga merupakan hal yang normal, namun perlu di waspadai jika sakit perut yang di rasakan sangat berat. adanya gas  dalam perut yang membuat perut kembung dan BAB keras masih tergolong normal. Sakit perut yang perlu di waspadai ketika berlangsung lama hingga 30 menit - 1 jam. Anda harus segera mengunjungi dokter kandungan untuk di lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cara menggugurkan kandungan dapat dilakukan dengan obat atau tindakan medis tertentu

Cara Menggugurkan Kandungan untuk Kehamilan Bermasalah

Aborsi dapat dilakukan jika terjadi indikasi kedaruratan medis pada ibu dan janin. Ada cara menggugurkan kandungan yang aman dan sesuai prosedur medis.