08 Nov 2021, 08:01Perut

Sakit perut kanan bawah luar biasa, bahayakah?

RH
Info Penanya: RH, Wanita, 16 Tahun
Selamat pagi dok, saya ingin bertanya. Saya sering mengalami sakit perut hampir setiap hari, saya mengalami sakit ini mulai dari kelas 5 SD sampai sekarang (SMA). Cuman selama masuk SMA ini sakit perutnya agak berbeda. Sakitnya luar biasa, sampe saya nahan sakitnya sambil nangis. Titik sakitnya itu ada diperut bawah sebelah kanan dok. Kira kira saya sakit apa ya dok? Saya sebelumnya belum pernah periksa kerumah sakit, karna saya ga berani. Terimakasih dok.
119 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang RHDi dalam perut terdapat berbagai macam organ seperti organ-organ pencernaan, reproduksi, saluran kemih, dan beberapa organ vital lainnya. Saat mengalami sakit perut, menandakan adanya gangguan dari salah satu organ dalam perut.

Gejala Sakit Perut Bawah Bisa Karena Radang Usus Buntu

Perut kanan bawah yang sakit hebat dan kronis bisa kemungkinan disebabkan oleh adanya peradangan usus buntu atau disebut appendisitis. Berbagai gejalanya berupa:
  • nyeri perut kanan bawah yang mendadak
  • nyeri perut bisa di awali dari pusar dan menjalar ke kanan bawah
  • nyeri bertambah saat batuk, bersin atau berjalan
  • demam
  • masalah pencernaan seperti diare atau sembelit, perut kembung
  • sering buang angin
  • mual muntah
  • pada pemeriksaan darah, leukosit meningkat
Selain radang usus buntu, penyebab sakit perut kanan bawah lainnya bisa karena radang panggul, kista ovarium, atau nyeri pms menjelang haid dan kram otot. Namun bila anda mendapati gejala sama seperti di atas, anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter bedah di rumah sakit untuk memastikan apakah gejala sakit perut kanan bawah anda dikarenakan radang usus buntu dengan pemindaian USG.

Penanganan Pada Sakit Perut Bawah Kanan

Jika memang radang usus buntu maka hal ini tidak bisa disepelekan atau dibiarkan karena bisa menyebabkan komplikasi yang berat yang membahayakan nyawa. Bila dibiarkan dan kemudian usus buntu yang berisi nanah tersebut pecah, maka dapat menyebabkan infeksi pada seluruh rongga perut.Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi dan penyebab sakit perut bawah yang anda rasakan. Anda bisa dikompres hangat pada perut yang sakit dan mengkonsumsi paracetamol untuk meredakan nyeri sementara waktu.Anda juga bisa membaca forum terkait penyebab sakit perut kanan bawah berikut:Semoga bermanfaatSalam sehatdr. Pany
sakit perutapendisitisusus buntu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil